JawaPos Radar

Polisi Bisa Pidanakan Pemilik Bus Pariwisata Maut

11/09/2018, 06:25 WIB | Editor: Erna Martiyanti
Polisi Bisa Pidanakan Pemilik Bus Pariwisata Maut
Bus parisisata masuk jurang di Sukabumi, Jawa Barat. (Dok Radar Sukabumi.com / Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Polisi bakal mempidanakan pemilik bus nahas yang masuk ke jurang di belokan tajam jalur alternatif Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (9/9) lalu. Sebab terdapat fakta kendaraan tidak laik jalan.

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo mengatakan, dari laporan Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri kepada dirinya, pengusaha atau pemilik bisa ditindak dan bertanggung jawab karena kendaraan bernopol B 7056 SGA itu sudah beberapa tahun tidak diperiksa ke Dinas Perhubungan.

"Makanya perlu dipertanyakan kondisi kendaraannya. Kalau kondisi tidak layak, kenapa diopersionalkan. Itu tanggung jawab dari pemilik," ujarnya di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/9).

Kepolisian sejatinya sudah melakukan kerja sama dengan Dinas Perhubungan dan organda. Namun menurut Setyo, masih ada yang memanfaatkan kelengahan petugas dan memaksakan kendaraan yang tidak jalan untuk tetap beroperasi.

Lebih lanjut dia menuturkan, ada sejumlah jalan apabila dilewati kendaraan besar dan kurang laik bisa menimbulkan kecelakaan. Nah, jalan alternatif Cikidang itu menjadi salah satu yang tidak direkomendasikan untuk dilalui bus. "Tapi mungkin mereka ambil jalan pintas agar cepat," imbuhnya.

Memang kecelakaan bisa disebabkan banyak faktor. Mulai dari pengemudi, kendaraan, jalan, faktor cuaca. "Ini berbagai faktor kalau terakumulasi bisa terjadi ini (kecelakaan)," sebut Setyo.

Untuk itu Setyo mengimbau agar masyarakat lebih hati-hati dalam memilih kendaraan yang akan ditumpangi. Misalnya jika ingin menggunakan bus, perlu dipastikan jalan mana yang akan dilintasinya. Tentu, kelaikan kendaraan menjadi yang utama untuk dicek.

"Karena kejadian berkali-kali bus tidak laik jalan mengakibatkan kejadian yang menyedihkan," pungkas Setyo.

Sebelumnya, Bus pariwisata bernopol B 7025 SAG rombongan dari perusahaan PT Catur Putra Grup mengalami kecelakaan tunggal di ruas jalan alternatif Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (08/09) sekira pukul 12.03 WIB.

Dalam kecelakaan ini, 21 orang didalam bus dinyatakan tewas termasuk Jahidi yang merupakan sopir. Saat peristiwa Jahidi sedang digantikan oleh M Adam yang merupakan kernet untuk menyetir. Adam sendiri selamat dan sempat kabur dari lokasi kecelakaan.

(dna/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up