JawaPos Radar

Perayaan 1 Sura, Pengelola Penginapan Gunung Kawi Panen Pengunjung

11/09/2018, 20:49 WIB | Editor: Dida Tenola
Perayaan 1 Sura, Pengelola Penginapan Gunung Kawi Panen Pengunjung
Suasana Pesarehan Gunung Kawi yang banyak didatangi wisatawan saat 1 sura (Tika Hapsari/ JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com- Peringatan 1 Sura membawa berkah tersendiri bagi pemilik penginapan di Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang. Hampir seluruh penginapan di perkampungan yang tidak jauh dari Pesarean Gunung Kawi itu terisi penuh.

Salah satu tempat penginapan di sana bernama Sidodadi. Penginapan itu adalah yang tertua di Pesarean Gunung Kawi. Sebanyak 15 dari 20 kamar sudah full dipesan. "Satu minggu sebelum 1 Sura sudah banyak dipesan. Kebanyakan ya memang sudah langganan kami," kata pengelola penginapan, Listarita, 45, kepada JawaPos.com, Selasa (11/9).

Dia menambahkan, selama bulan sura sudah banyak tamu yang memesan kamar. Mereka umumnya menginap satu malam. "Selama satu bulan sudah penuh dipesan, walau nggak seramai malam 1 Sura," ujarnya.

Berbeda dengan 1 sura, peziarah yang menginap di Sidodadi menyewa kamar untuk dua malam. ”1 Sura memang puncak keramaian. Tahun-tahun sebelumnya juga sama seperti ini,” imbuh Listarita.

Kondisi hampir sama juga terlihat di Hotel Chandra. Bahkan, wisatawan sudah memesan kamar sebulan lalu. Kebanyakan para tamu berasal dari luar kota hingga luar pulau. ”16 kamar sudah dipesan. Total ada 21 kamar. Tamu pesan kamar sudah sejak jauh-jauh hari, kalau bookingnya seminggu sebelum 1 Sura bisa-bisa kehabisan,” tutur salah seorang pegawai hotel, Sri.

 

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up