JawaPos Radar

Kebakaran Ruko di Makassar

Lempar Anak Bungsunya dari Lantai Dua, Rahim Selamat Meski Patah Kaki

11/09/2018, 14:49 WIB | Editor: Dida Tenola
Lempar Anak Bungsunya dari Lantai Dua, Rahim Selamat Meski Patah Kaki
Ruko yang ludes terbakar di Makassar, sudah dipasang garis polisi. (Syahrul Ramadan/ JawaPos,com)
Share this image

JawaPos.com– Kepolisian masih menyelidki kebakaran di Jalan Bulukunyi, Kelurahan Maricayya Baru, Makassar. Peristiwa memilukan yang terjadi Selasa (11/9) subuh itu, menewaksan tiga orang.

Tiga orang yang tewas masih satu keluarga. Mereka terjebak kobaran api. Masing-masing korban adalah Rosmiati, 40, dan dua orang putrinya yakni Radianti dan Rafika Nur Safitri, 11. Sedangkan suami Rosmiati, Abdul Rahim, 43 dan anak bungsunya Raka, 4, berhasil menyelamatkan diri.

Kapolsek Makassar Kompol Usman mengatakan, pihaknya masih mendalami penyebab pasti kebakaran maut itu. Meski begitu, dugaan sementara kebakaran itu disebabkan korsleting listrik. "Kami sementara masih lidik, belum bisa dipastikan apa penyebabnya. Tapi dugaannya karena ada arus pendek listrik," kata Usman.

Selain memakan korban jiwa, kebakaran juga menyebabkan kerugian materiil sekitar Rp 150 juta. Salah seorang korban Aisyah, 36, menceritakan bagaimana kronologi ketika api melumat ruko miliknya. Kobaran api pertama kali muncul dari ruko kakak iparnya, Abdul Rahim, jelang salat Subuh sekitar pukul 04.00 WITA.

Abdul Rahim berusaha menyelamatkan diri. Dia terlihat melempar anaknya, Raka, dari lantai 2. Selanjutnya Rahim menyusul untuk melompat menyelamatkan diri. "Tapi patah kaki karena lompat dari lantai dua rumah," kata Aisyah.

Saat kejadian, Aisyah berada di dalam ruko bersama dengan keluarga beserta karyawannya. Dia berusaha menyelamatkan anaknya Zahra dan Gazali ketika si jago merah mulai membesar. "Waktu api sudah besar saya naik ke lantai tiga. Di sana saya buka jendela dan berpikir bagaimanana anak-anak bisa keluar serta tidak terlalu lama mengirup asap," kata dia. 

Di lantai tiga ruko, Aisyah bersama bersama anak dan karyawannya bertahan selama 15 menit "Bertahan di lantai tiga, saat api dipadamkan, baru ada petugas yang masuk untuk menyelamatkan kami," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran melanda dua unit Ruko di Jalan Bulukunyi, Kelurahan Maricayya Baru, Kota Makassar. Peristiwa malang itu terjadi saat para penghuni ruko tersebut sedang terlelap. Mereka yang tewas diduga terjebak di dalam rumah, sulit untuk menyelamatkan diri. Korban tewas susah mencari jalan keluar karena sekeliling ruko dipasang pagar teralis.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up