Kebakaran Hutan Lawu Dipastikan Bukan Sengaja Dibakar

11/09/2018, 02:30 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
ILUSTRASI: Kebakaran yang melanda hutan Lawu Tawangmangu dipastikan bukan karena sengaja dibakar. (Joko Hardyono/Radar Sampit/Jawa Pos Group)
Share this

JawaPos.com - Kebakaran yang melanda hutan Lawu Tawangmangu dipastikan bukan karena sengaja dibakar. Pasalnya, lokasi lahan yang terbakar merupakan kawasan yang sulit dijangkau warga sehingga tidak mungkin ada yang sengaja membakarnya.

Demikian sebagaimana diungkapkan Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (KBKPH) Perum Perhutani Solo, Edi Saryono kepada JawaPos.com, Senin (10/9) malam. 

Edi juga mengatakan, bahwa lokasi lahan yang terbakar berjarak lebih kurang tiga kilometer dari jalan raya. Sedangkan jarak terjauh lebih kurang tujuh kilometer dari jalan raya. Selain jarak yang jauh lokasi kebakaran juga sulit untuk dijangkau.

"Penyebab pasti memang belum terdeteksi, tapi kalau sengaja dibakar jelas tidak mungkin karena lokasinya sulit dijangkau," urainya. 

Bahkan, lokasi lahan yang terbakar hanya bisa dilewati dengan jalan setapak. Kendaraan roda dua juga tidak bisa menembus kawasan tersebut. Kondisi inilah yang juga menjadi kendala upaya pemadaman yang dilakukan oleh relawan.

"Karena medannya sulit jadi pemadaman tidak bisa dilakukan menggunakan air, paling menggunakan dahan kering. Ini dilakukan kalau api sudah mengecil," katanya. 

Edi menambahkan, proses pemadaman akan berlangsung hingga beberapa waktu. Mengingat, saat ini kondisi cuaca masih cukup panas. Selain itu, angin yang berembus di kawasan tersebut juga cukup berdampak terhadap proses pemadaman.

"Besok (Selasa,red) pemadaman akan terus dilakukan, karena kondisinya masih belum pada. Masih ada satu titik api lagi," tukasnya.

(apl/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi