Diduga Kerap Beraksi di Medan, Spesialis Pembobol ATM Diringkus

11/09/2018, 18:35 WIB | Editor: Budi Warsito
Pelaku pembobolan ATM yang berhasil diringkus personel Polda Sumut. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Seorang laki-laki yang diduga menjadi spesialis pembobol ATM berhasil diringkus Personel Subdit III/Jahtanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sumatera Utara (Sumut). DA, 37, warga Jalan Karya Bakti I, Kelurahan Sarirejo, Medan Polonia itu diringkus saat berusaha membobol mesin ATM yang berada di gerai waralaba di Jalan Sisingamangaraja, Medan Amplas, Kamis (6/9).

Pelaku tertangkap tangan saat menjalankan aksinya. Dia mencoba melakukan pencurian uang dari mesin ATM. "Dia memasukkan sebuah lidi kecil ke dalam celah untuk kartu ATM," kata Kasubdit Jatanras Polda Sumut, AKBP Maringan Simanjuntak, Selasa (11/9).

Setelah memasukkan lidi, kemudian DA menunggu korbannya di dekat ATM dengan maksud untuk mengintip pin ATM korbannya. "Karena diganjal, kartu ATM tidak bisa keluar," ujarnya.

Barang bukti kartu ATM yang disita dari pelaku. (Istimewa)

Setelah korbannya pergi, pelaku mengambil kartu dari celah ATM. Karena sudah mengetahui pin korbannya, pelaku langsung bertransaksi dan menguras uang tabungan korban.

"Anggota kita yang mencurigai gerak-gerik korban langsung meringkusnya," ujar

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan potongan lidi, sebuah alat penjepit dan delapan buah kartu ATM yang diduga hasil kejahatan selama ini.

Setelah meringkus pelaku, polisi berencana memanggil manajemen bank bersangkutan untuk mengungkap identitas pemilik ATM. "Pelaku sudah kita tahan untuk proses penyidikan," pungkasnya.

(pra/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi