JawaPos Radar

Antisipasi Kecurangan, Beli Elpiji Pakai Kartu Keluarga

11/09/2018, 15:24 WIB | Editor: Ilham Safutra
Antisipasi Kecurangan, Beli Elpiji Pakai Kartu Keluarga
Ilustrasi: pembeli elpiji 3 kg di Banjarmasin harus membawa kartu keluarga. Tujuannya untuk mengantisipasi kelangkaan. (JOHANNY/RADAR TARAKAN/Jawa Pos Group)
Share this image

JawaPos.com - Meski elpiji 3 kilogram (kg) bersubsidi diperuntukkan bagi keluarga miskin, namun keberadaannya masih langka. Untuk mengantisipasinya, pembelian elpiji 3 kg harus diperketat. Pembelinya harus menggunakan kartu keluarga.

Cara pembelian seperti demikian berlaku di pangkalan pada sejumlah daerah, termasuk di Banjarmasin. Keputusan membeli di pangkalan menjadi pilihan paling rasional. Sebab, harganya masih Rp 17.500 per tabung.

Sementara itu, di pengecer harganya mencapai dua kali lipat. "Bingung juga karena tidak membawa KK. Padahal, sebelumnya mudah saja mencarinya," keluh Fuji, salah seorang warga Banjarmasin.

Antisipasi Kecurangan, Beli Elpiji Pakai Kartu Keluarga
Ilustrasi: pembeli elpiji 3 kg di Banjarmasin harus membawa kartu keluarga. Tujuannya untuk mengantisipasi kelangkaan. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Secara terpisah, Pertamina menyebut suplai elpiji ke sejumlah daerah, termasuk Kalimantan Selatan, sudah normal. Bahkan, ada tambahan suplai sebanyak 131.040 tabung. Atau 5,2 persen dari normalnya. Tambahan suplai itu didistribusikan sejak 20 Agustus sampai 8 September.

Karena itu, Pertamina bingung dengan elpiji yang masih langka. "Padahal, tidak ada pengurangan. Malah suplai ditambah terus," terang Humas Pertamina Area Kalimantan Yudi Nugraha.

Kondisi tersebut membuat Polda Kalimantan Selatan turun tangan. Mereka menegaskan telah menurunkan anggotanya untuk menyelidiki kelangkaan yang terjadi di lapangan.

Polisi akan menindak tegas jika ada yang mempermainkan peredaan elpiji. "Bila ada yang mengetahui atau melihat ada aksi penimbunan elpiji 3 kg, segera laporkan kepada kami. Kami akan tindak," tegas Kabid Humas Polda Kalsel AKBP M. Rifai.

(mof/gmp/ay/JPG/c25/fim)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up