Ahli Ungkap Penyebab Lubang 'Misterius' Di Sukabumi

11/09/2018, 17:48 WIB | Editor: Imam Solehudin
Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi Agus Budianto saat meninjau lokasi lubang, Selasa (11/9) (RMOl Jabar (Jawa Pos Grup))
Share this

JawaPos.com - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi memastikan amblasnya tanah yang membentuk lubang besar di Kampung Legoknyenang RT 05 RW 02 Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi akibat erosi. Pasalnya, di bawah lubang tersebut terdapat jalur air.

"Di bawahnya itu ada jalur air. Sehingga terjadi erosi secara terus menerus. Apalagi saat ini curah hujan sudah mulai," ujar Kepala Bidang Mitigasi Gerakan Tanah PVMBG Badan Geologi Agus Budianto saat meninjau lokasi lubang, Selasa (11/9) dilansir RMOL Jabar (Jawa Pos Grup).

Selain itu, kontur tanah tersebut kalau kering terbuka. Sementara saat hujan itu lebih padat. "Sehingga saat basah akan menjadi lebih jenuh. Tingkat kejenuhan ini yang membuat amblas. Apalagi saat ini memasuki hujan," ucapnya.

Apabila jalur air di bawah tidak dibersihkan, bisa terjadi pelebaran lubang tersebut. Bahkan bisa mencapai sekitar 10 meter. "Sesuai jalur air di bawah saja. Sekitar 10 meter," ungkapnya.

Oleh karena itu, dirinya menyarankan jalur air di bawah segera dibersihkan. Selain itu, dibuat dinding penahan di bawahnya, sehingga tidak membahayakan.

"Kalau tidak dilakukan, akan membahayakan warga sekitar," terangnya.

Selain itu, dibuat sungai terbuka pun tidak masalah. Hal itu kembali kepada kebijakan pemerintah setempat.

"Mau bikin pondasi di bawahnya agar tidak erosi lagi, ataupun dibuat seperti sungai terbuka tak jadi soal. Terpenting biarkan air mengalir pada tempatnya. Sehingga tidak mengerosi sekitar," pungkasnya.

(mam/jpg/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi