JawaPos Radar

6 Titik Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Sumsel

11/09/2018, 12:56 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Bus
Ramp check yang dilakukan Dishub Sumsel. (Alwi Alim/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel telah memetakan daerah rawan kecelakaan lalu lintas. Adapun daerah rawan tersebut setidaknya ada di enam titik. Yakni, Tebing Tinggi-Tanjung Raya, Tanjung Raya-Batas Provinsi Bengkulu, Pagaralam-Tanjung Raya, Talang Padang-Padang Tepung, Muara Siban-SP Embacang, serta Sugi Waras-Batas Kabupaten Lahat.

Kepala Dishub Sumsel Nelson Firdaus mengatakan, keenam daerah dinilai rawan karena memang memiliki tikungan tajam. Lokasinya juga berada di dataran tinggi sehingga rawan terjadinya longsor. "Jadi pada saat musim hujan, keenam daerah ini bakal lebih berbahaya lagi karena bisa terjadi longsor," kata Nelson saat dihubungi, Selasa (11/9).

Untuk itu, Nelson mengimbau kepada pengendaran yang melintas di wilayah tersebut agar berhati-hati. Menurutnya, banyak kecelakaan bus pariwisata dikarenakan kelalaian. Kendaraan tidak memenuhi standar keamanan seperti kondisi rem, ban dan lain sebagainya. Dishub pun akan memperketat pengawasan bus pariwisata agar kecelakaan tidak terjadi di Sumsel.

Pengawas akan dilakukan di setiap terminal di Sumsel. Seperti melakukan ramp check. Tujuannya untuk mengetahui bus yang layak dan tidak layak jalan. Jika tidak layak jalan, Dishub tidak akan mengizinkannya beroperasi.

Sedangkan jika layak jalan, akan diberikan sticker. "Jadi kami harap masyarakat lebih teliti menggunakan bus dengan memilih bus pariwisata yang menggunakan sticker," pesan Nelson.

(lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up