alexametrics

Puluhan Ibu Hamil di Kediri Suspek Covid-19

11 Agustus 2021, 14:08:18 WIB

JawaPos.com–Puluhan ibu hamil diketahui suspek Covid-19 saat berkunjung untuk cek kesehatan di RSUD Gambiran, Kota Kediri, Jawa Timur. Sehingga, mereka harus mendapatkan perhatian lebih.

Dokter Jaga Poliklinik Obgyn Sutoko Andrianto mengatakan, data kunjungan ibu hamil di RSUD Gambiran Kediri per Juli terdapat 95 kunjungan dengan 53 ibu hamil di antaranya merupakan suspek Covid-19. ”Bagi ibu yang terpapar Covid-19 dan melakukan pemeriksaan masih kami terima dengan protokol kesehatan yang ketat. Kami lakukan screening terlebih dahulu. Bahkan kami beranggapan selalu sedang berhadapan dengan suspect covid, sehingga kami selalu berwaspada,” kata Sutoko Andrianto seperti dilansir dari Antara di Kediri, Rabu (11/8).

Menurut dia, pihaknya memberikan pelayanan prima untuk melayani ibu hamil yang terpapar Covid-19. Sebagai rumah sakit rujukan maternal Covid-19 se-Eks Karesidenan Kediri, rumah sakit itu menerima ibu hamil yang terpapar Covid-19 baik untuk pemeriksaan hingga persalinan.

Dia menambahkan, ibu hamil memiliki potensi 40 persen lebih cepat terpapar Covid-19 dan tidak bergejala. Kejadian itu karena perubahan hormon di tubuh ibu hamil.

”Hal ini terjadi karena perubahan hormon yang ada di dalam tubuhnya. Pada awalnya tubuh ibu menolak ketika ada janin di dalam kandungan. Namun dengan adanya perubahan hormon, tubuh ibu lebih adaptif. Sama halnya dengan virus yang masuk tubuh ibu hamil, tidak akan ada gejala,” terang Sutoko.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads