alexametrics

Gubernur Jabar Minta Pasokan 15 Juta Dosis Vaksin/Bulan

11 Agustus 2021, 10:04:13 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta pemerintah pusat untuk mendistribusikan vaksin Covid-19 rata-rata 15 juta dosis setiap bulan. Sehingga, kekebalan komunal atau herd immunity di Jabar dapat terealisasi pada akhir 2021.

”Kami per bulan membutuhkan 15 juta dosis sampai Desember. Total 76 juta dosis untuk 37 juta sasaran bisa dilaksanakan,” kata Ridwan Kamil seperti diansir dari Antara di Kota Bandung.

Selain itu, Ridwan Kamil mengusulkan beberapa hal agar pelaksanaan dan pendataan vaksinasi Covid-19 berjalan optimal. Yakni mengenai data vaksin Covid-19 yang didistribusikan pemerintah pusat.

”Pada prinsipnya Pemprov Jabar mengapresiasi stakeholders yang membantu dengan berinisiatif menggelar sentra-sentra vaksin di kabupaten/kota. Namun datanya perlu lebih dirapikan agar kelompok sasaran tercatat di provinsi,” tutur Ridwan Kamil.

Gubernur meminta agar data dari sentra-sentra vaksinasi yang digelar atas inisiatif stakeholders agar dilaporkan juga oleh panitia atau lembaga inisiator melalui aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik). SMILE merupakan aplikasi terintegrasi yang digunakan untuk memantau secara real time logisitik rantai dingin vaksin dan penyimpanannya di seluruh titik penyedia vaksin dari provinsi hingga tingkat puskesmas dan rumah sakit.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads