alexametrics

12 Ton Logistik dari Warga Jogja Dikirim ke Lombok

11 Agustus 2018, 16:29:30 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 12 ton logistik dari Jogjakarta disalurkan ke korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (11/8) menggunakan pesawat Hercules A1315 milik TNI AU. Bantuan itu berasal dari pelajar, mahasiswa, instansi perangkat daerah, hingga TNI dan Polri di Jogja.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Tedi Rizalihadi mengatakan, pengiriman bantuan ini untuk yang pertama. Dari hasil pengumpulan logistik melalui posko yang dibuka Lanud Adisutjipto sejak Senin (6/8).

“Bantuan ini berasal dari TNI, Polri, Pemda DIY, serta ormas, mahasiswa dan pelajar,” katanya, Sabtu (11/8).

Posko yang dibuka itu, mampu mengumpulkan logistik bantuan sekitar 20 ton. Terdiri dari bahan makanan, obat-obatan, tikar, selimut, hingga pakaian.

Penyaluran logistik yang pertama ini dibatasi sampai 12 ton saja. Mengingat kapasitas pesawat Hercules maksimal 12 ton atau 1.601 koli. “Penyaluran bantuan akan terus dilakukan sampai Lombok pulih kembali,” katanya.

Bantuan ini dirasa sangat diperlukan karena situasi di tempat bencana gempa yang terjadi pada Minggu (5/8) lalu sampai kini masih dialami. Terdapat gempa-gempa susulan yang mengakibatkan masyarakat setempat trauma.

Salah satu titik yang akan disalurkan bantuan itu, lanjutnya di Lanud Rembiga. Dari informasi yang didapatkan, setidaknya masih ada 3 ribu orang yang ditampung di sana.

Bantuan yang dikirim diutamakan obat-obatan, selimut, pakaian. Kalau untuk makanan kemungkinan sedikit dikurangi karena di sana sudah menumpuk,” ucapnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)



Close Ads
12 Ton Logistik dari Warga Jogja Dikirim ke Lombok