alexametrics

Program Imunisasi, Menkes Janjikan Vaksinasi Rubela di Jambi Pada 2018

11 Agustus 2017, 08:29:14 WIB

JawaPos.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek memberi apresiasi terhadap kesehatan di Jambi. Penilaian Kemenkes, Jambi cukup bagus, tinggal melanjutkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk meningkatkan mutu kesehatan.

Data Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) secara nasional, Jambi berada pada urutan 9 dari 33 provinsi. Ditambah dengan Rumah Tangga Dengan Sumber Air Minum Layak , Provinsi Jambi berada pada persentase 63,21 persen, dan itu duduk pada urutan 24 secara Nasional.

“Menurut saya itu sudah bagus, tinggal ditingkatkan saja,” katanya seperti dikutip Jambi Ekspres (Jawa Pos Group), Jumat (11/8).

Sementara itu, dengan merebaknya Rubela, tahun ini Jambi belum mendapat vaksin rubella. Direncanakan tahun depan Jambi baru mendapat giliran untuk pelaksanaan vaksinasi. Kini, vaksinasi gratis yang merupakan progam dari Kemenkes RI baru dikaukan di Pulau Jawa dan Bali.

“Vaksinasi ini dibagi dengan perhitungan yang dilakukan oleh Kementerian, tahun depan akan akan berlanjut dan semua akan kebagian,” tambahnya.

Menjawab pertanyaan mayarakat terkait jumlah dokter spesiali di setiap Rumah Sakit, Nila mengatakan, Kemenkes telah memiliki Porgram wajib kerja bagi dokter spesialis.

Dengan progam ini, Dia mengaharapkan Pemerintah Daerah (Pemda ) lebih aktif melakukan koordinasi dengan Kemenkes.
“Ajukan saja dan akan kami atur,”janjinya.

Pada dialog yang dilakukan Menkes RI Nila Farid Moeloek dan penggiat kesehatan Provinsi yang meliputi Akademisi, Dokter, dan Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten/kota di Jambi, Dia mengajak segenap insan kesehatan untuk mewujudkan Jambi sehat.

“Mari kita wujudkan Jambi Sehat paling tidak 80 persen sehat. Dan yang sakit hanya 20 persen, bahkan kalau bisa yang sakit hanya 10 persen saja,” harapnya.

Dalam Rakerkesda Provinsi Jambi kali ini, Menkes RI menekankan dalam pembangunan indeks manusia ada tiga hal, yakni, kesehatan, pendidikan dan ekonomi. Ketiganya merupakan unsur penting dalam pembanguan manusia.

“Dan untuk kesehatan, perlu digaris bawahi dan sangat dipeehatikan,” tambahnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (nas/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Program Imunisasi, Menkes Janjikan Vaksinasi Rubela di Jambi Pada 2018