alexametrics

BKSDA Beberkan Penyebab Keganasan Buaya Muara di Sumsel

11 Juli 2018, 18:41:36 WIB

JawaPos.com – Keganasan buaya muara di Sungai Rengit, Banyuasin, Sumsel menjadi perhatian khusus Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumsel. Terakhir kali, buaya kembali menerkam Alif, 18, hingga tewas pada Minggu (8/7).

Kepala BKSDA Sumsel, Genman Hasibuan menyebutkan keganasan buaya muara disebabkan habitat mereka terganggu seperti adanya pembangunan di kawasan Sungai Rengit. Mereka pun terpaksa keluar untuk mencari mangsa.

Dengan kondisi ini, seharusnya masyarakat jangan mendekati kawasan tersebut. Namun, kenyataannya masyarakat tetap mendekat untuk memancing sehingga terjadinya kejadian dimangsa oleh buaya.

“Memang setiap wilayah atau habitat buaya muara banyak terdapat ikan. Seharusnya ini jangan didekati karena sangat berbahaya, tapi masyarakat tidak menghiraukannya,” katanya saat dihubungi JawaPos.com, Rabu (11/7).

Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin akan memasang plang himbauan agar masyarakat tidak lagi mendekat. Apalagi memancing di wilayah tersebut.

“Kami juga menyarankan agar warga berbagi ruang dengan buaya dan tidak mengganggu lagi wilayah di kawasan Sungai Rengit,” terangnya.

Saat ini, lanjut Hasibuan, pihaknya masih melakukan pencarian terhadap buaya muara pemangsa korban Alif pada Minggu lalu (8/7). Menurutnya, buaya muara pemangsa ini cukup besar dengan ukuran sekitar 3 hingga 4 meter.

“Kami masih mencarinya, nanti kami akan evakuasi buaya muara tersebut,” singkatnya.

Seperti diketahui, Alif, 18, menjadi korban keganasan buaya muara di Sungai Rengit, Banyuasin, Sumsel, Minggu (8/7). Kejadian bermula saat Alif memancing di Kawasan Sungai Rengit.

Kemudian, saat akan memancing, Alif mencuci tangannya di sungai. Tiba-tiba, buaya muara langsung menerkamnya.

Melihat kejadian tersebut, rekan korban berusaha meminta pertolongan warga. Namun, warga tidak mampu berbuat apa-apa hingga akhirnya korban menghilang dibawa buaya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (lim/JPC)

BKSDA Beberkan Penyebab Keganasan Buaya Muara di Sumsel