alexametrics

Dipilih Ridwan Kamil, Lokasi Makam Eril Dikelilingi Pemandangan Alam

11 Juni 2022, 09:43:43 WIB

JawaPos.com – Emmeril Khan Mumtadz atau Eril akan dimakamkan di Kampung Geger Beas, Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Rencananya, putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Atalia Praratya itu akan dimakamkan pada Senin, (13/6).

Nantinya, jenazah Eril akan lebih dulu disemayamkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, sebelum diantarkan ke tempat peristirahatan terakhirnya. Salah satu pengelola lokasi tersebut, Asep Zaenal menjelaskan, bahwa lokasi ini ke depannya akan dijadikan sebagai pusat pendidikan.

“Memang punya beliau (Ridwan Kamil). Nantinya akan ada sekolah dan pondok pesantren juga,” jelas Asep Zaenal kepada PojokSatu.id (Jawa Pos Group), Jumat (10/6).

Pengurus Yayasan Tunas Amal Madani ini juga menjelaskan, lokasi pemakaman Eril itu sama sekali tidak terdapat makam sebelumnya. “Belum ada makam, baru almarhum Eril ini sekarang,” ujar Asep.

Lokasi makam Eril sendiri, rencananya akan berhadapan langsung dengan sebuah bangunan yang saat ini masih dalam tahap pembangunan. Bangunan tersebut, menurut Asep, nantinya akan digunakan sebagai pondok pesantren.

“Ada bangunan. Di lahan bawah itu lagi diurug dan dirapihkan tanahnya. Rencana di situ (makam Eril),” tuturnya.

Asep juga mengungkap, pemilihan lokasi pemakaman Eril itu merupakan pilihan langsung Ridwan Kamil. “Itu dipilih langsung oleh Pak Ridwan Kamil Rabu kemarin. Di situ lokasinya,” papar Asep.

Diketahui lokasi yang jadi makam Eril nantinya bukanlah tempat pemakaman. Melainkan sebuah lahan yang cukup asri dan luas dengan suguhan pemandangan alam serta gunung. Terdapat sebuah bangunan seperti gazebo berukuran cukup besar.

Lokasi pemakaman Eril itu sendiri berada di sisi Jalan Raya Banjara, Pangalengan. Namun letak lokasi pemakaman Eril itu berada di bawah jalan atau menurun. Saat masuk ke lokasi dengan jalan menurun, pemandangan alam yang asri dan gunung sudah terlihat dari kejauhan.

Lokasi itu juga dipenuhi dengan hamparan rumput hijau. Di bagian tengah, terdapat dua taman yang dibentuk menyerupai huruf J. Tidak jauh dari taman itu, terdapat tangga naik menuju gazebo berwarna coklat dengan halaman yang luas.

Sementara di depan dua bangunan taman, terlihat halaman kosong dengan sejumlah tiang pancang bangunan yang tengah dalam proses pengerjaan. Di dekat lokasi itulah nantinya akan digunakan sebagai makam Eril.

Sebuah alat berat juga terlihat berada di lokasi tersebut untuk meratakan tanahnya. Jalan menuju ke pemakaman Eril itu saat ini diberi penguat dan pengeras jalan dari batu kerikil.

Editor : Bintang Pradewo

Saksikan video menarik berikut ini:


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads