alexametrics

Atasi Pencopet, Terminal Tirtonadi Siapkan Posko Copet

11 Juni 2018, 13:50:27 WIB

JawaPos.com – Pengelola Terminal Tipe A Tirtonadi Solo mempunyai cara unik untuk mengatasi maraknya pencopet yang beroperasi di terminal. Bukan dengan menyebar petugas pengintai atau memasang banyak CCTV. Tetapi, cukup membuatkan posko istirahat untuk pencopet.

Sekilas memang terlihat aneh, tetapi cara ini dinilai ampuh untuk mengurangi kejadian pencopetan di terminal. Terbukti, sejak didirikan empat tahun silam, setiap momen lebaran tidak pernah ada pencopet yang ditangkap di dalam terminal.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Joko Sutriyanto menjelaskan, cara ini adalah untuk menyindir para pencopet yang biasanya beroperasi di terminal. “Ini merupakan inisiatif dari Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo empat tahun silam. Dan sejak saat itu tidak ada lagi copet yang beroperasi di terminal,” terang Joko saat ditemui JawaPos.com di terminal, Senin (11/6). 

Posko istirahat copet ini didirikan di bagian timur pintu masuk atau dekat pos pengawasan. Dengan ukuran 2×2 meter dan bertenda putih. Di dalam posko tersebut hanya disediakan kursi besi untuk duduk.

Posko itu ditujukan untuk menempatkan para pencopet jika nantinya tertangkap di terminal. “Kalau misal ada pencopet yang tertangkap, maka akan ditempatkan di situ. Dengan begitu kan dia juga malu karena banyak yang melihatnya dan akhirnya tidak lagi mencopet,” ungkapnya.

Joko mengatakan, sejak didirikan beberapa hari yang lalu belum ada seorang pencopet pun yang ditangkap di dalam terminal. Menurutnya, cara tersebut lebih efektif dibandingkan dengan menerjunkan banyak petugas untuk ikut mengawasi keberadaan para pencopet.

Terlebih, memasuki masa mudik lebaran seperti ini para pegawai sudah diterjunkan untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Sehingga, tidak akan mencukupi jika harus ikut menempatkan petugas khusus mengawasi pencopet. 

“Ini lebih efektif, buktinya selama empat tahun ini tidak ada pencopet yang ditangkap,” katanya.

Dengan tidak adanya pencopet yang berkeliaran di dalam kawasan terminal, otomatis akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengunjung maupun pemudik. “Kami fokus untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik dan juga pengunjung terminal,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Atasi Pencopet, Terminal Tirtonadi Siapkan Posko Copet