alexametrics
Tim SAR Mulai Sisir Jalur

Sebelum Meletus, Tercatat 160 Orang Mendaki Merapi

11 Mei 2018, 11:30:06 WIB

JawaPos.com – Tim SAR Barameru Merapi menelusuri keberadaan para pendaki yang diperkirakan sebanyak 160 orang dan masih berada di Gunung Merapi, Jumat (11/5). Dari informasi yang didapatkan para pendaki tersebut saat ini masih berada di Pasar Bubrah. 

Samsuri, Pembina SAR Barameru Merapi, menyebutkan dari daftar registrasi pendaki yang melakukan pendakian saat liburan kemarin mencapai 160 orang. Para pendaki tersebut melakukan pendakian via Selo, Boyolali. Saat ini tim masih melakukan pencarian untuk evakuasi para pendaki tersebut. 

“Kami menerjunkan empat tim untuk melakukan evakuasi. Untuk satu tim antara empat sampai enam orang,” terang Samsuri kepada JawaPos.com, Jumat (11/5). Samsuri melanjutkan, saat ini tim masih melakukan pendakian dan baru sampai di pos 1. Samsuri memperkirakan, untuk sampai di Pasar Bubrah butuh waktu dua jam lagi. 

“Ya kira-kira dua jam lagi tim sudah sampai ke Pasar Bubrah,” ungkapnya. Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung, mengungkapkan pihaknya sudah menerjunkan anggota untuk melakukan evakuasi warga yang tinggal di radius 5 kilometer yang ada di Selo, Boyolali. 

“Seperti di Desa Klakah, Jrakah dan Tlogolele. Dan tim masih melakukan perjalanan untuk melakukan evakuasi,” tandasnya. Seperti diketahui, Gunung Merapi mengalami letusan freaktif. Letusan tersebut tidak berbahaya dan dapat terjadi sewaktu-waktu. Letusan tersebut disertai dengan suara gemuruh dan dengan tekanan sedang hingga kuat dengan tinggi kolom mencapai 5.500 meter

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Sebelum Meletus, Tercatat 160 Orang Mendaki Merapi