alexametrics

Ribuan Warga Mengungsi Akibat Letusan Freatik Merapi

Radius Evakuasi Diperpendek
11 Mei 2018, 11:39:53 WIB

JawaPos.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman mencatat setidaknya 10 ribu orang mengungsi akibat letusan freatik yang terjadi pada pukul 07.40 WIB dari Gunung Merapi. Sekitar 50 ribu masker juga telah didistribusikan baik kepada warga maupun pengendara di jalan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan mengatakan, ribuan warga sempat mengungsi akibat peristiwa itu. Mereka dari Kecamatan Cangkringan, Pakem, maupun Turi.

Warga berbondong-bondong menggunakan sejumlah kendaraan untuk menjauh dari Merapi. Namun dari pantauan di lapangan, sekitar pukul 10.00 WIB, kondisi sudah mulai terkondisikan dan berangsur kembali ke rumah masing-masing.

“Sementara logistik aman, masker di setiap Puskemas juga sudah ada stok,” ucapnya.

Dari kondisi di lapangan, warga di sekitar jalan menuju Merapi juga secara gotong-royong mulai membersihkan sisa abu vulkanik. Mereka juga ikut membagikan masker ke pengendara jalan yang melintas. “Sudah sepuluh kardus lebih habis ini maskernya,” kata Mikel Setyo, warga di Jalan Kaliurang km. 16.

Danang Samsu, Manajer Pusdalops BPBD DIY menambahkan, kondisi sudah mulai berangsur normal. Radius evakuasi juga diperpendek, dari yang sebelumnya 5 kilometer menjadi 2 kilometer.

“Pengungsian di Barak Purwobinangun ada sekitar 190 orang yang bertahan. Tim sudah berangkat ke Merapi untuk diterjunkan,” pungkasnya

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Ribuan Warga Mengungsi Akibat Letusan Freatik Merapi