JawaPos Radar

Pemindahan Napi Kasus Teroris

Polda Jateng Siap Backup Penuh Pengamanan Lapas Nusakambangan

11/05/2018, 20:28 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono
Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono saat dimintai keterangan usai mengunjungi rumah duka Briptu Fandy Setyo Nugroho di Magelang, Kamis (10/5). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengungkapkan pemindahan 155 narapidana kasus terorisme dari Jakarta ke lapas Nusakambangan, Cilacap berjalan lancar. Ia juga menyebut siap untuk memberikan bantuan pasukan untuk berjaga apabila dibutuhkan.

"Kami sudah komunikasikan dengan Kemenkumham (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia), berapapun (pasukan) yang mereka minta tambahkan, kita akan berikan," ujarnya saat ditemui di Gedung Borobudur Mapolda Jateng, Semarang, Jumat (11/5).

Kapolda menerangkan, hingga saat ini sudah ada dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Jateng yang bertugas berjaga di Lapas Nusakambangan. Untuk satu SSK sendiri, perlu diketahui berjumlah 100 personel.

Sebagaimana diterangkan Condro, dua SSK ini bersama satuan wilayah di masing-masing daerah yang dilewati selama proses evakuasi ratusan napi teroris ke Lapas Nusakambangan, telah berperan dalam memberikan pengamanan dan pengawalan.

"Kita kerahkan guna mengamankan saat mengisi BBM di Brebes atau pada saat makan malam. Hingga sampai di Cilacap subuh tadi," sambungnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Polri memindahkan sebanyak 155 narapidana teroris ke Lapas Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (10/5). Pemindahan dilakukan setelah terjadi penyerangan oleh napi teroris kepada anggota Brimob di Rumah Tahanan Mako Brimob Depok yang menewaskan beberapa personel Brimob. 

Namun, hingga berita ini dikirimkan, belum ada tanggapan dari pihak Kemenkumham Jawa Tengah. Baik Kepala Kanwil, Ibnu Chuldun maupun Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Djoni Priyatno tidak merespon saat dihubungi.

(gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Keluarga Beny Syamsu Gelar Pengajian 11/05/2018, 20:28 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up