alexametrics

Objek Wisata Lereng Merapi di Sleman Sementara Ditutup

11 Mei 2018, 14:08:26 WIB

JawaPos.com – Objek wisata di Kabupaten Sleman sementara ini ditutup karena letusan freatik Gunung Merapi yang terjadi pada Jumat (11/5) pagi. Penutupan tersebut dilakukan hingga waktu yang belum ditentukan menunggu perkembangan dari aktivitas gunung api aktif normal tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, objek wisata itu di antaranya Kaliurang, Kaliadem, dan Lava Tour. “Tidak boleh ada yang naik dulu. Sampai nanti menunggu hasil perkembangan,” katanya, Jumat (11/5) melalui sambungan telepon.

Aktivitas kegiatan wisata juga dihentikan. Di Tlogo Putri misalnya, yang seharusnya digelar acara pementasan hiburan, ia menyatakan ditunda.

Terpisah, Joko Supriyanto Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman mengatakan, sejak pukul 09.35 WIB aktivitas Merapi sudah kembali normal.

“Dari yang sebelumnya suhu sempat naik. Sekarang kembali normal. Aman bagi wisata, tapi ya terserah pengelola atau instansi terkait, mau dibuka atau belum. Tapi saya nyatakan sudah aman,” ucapnya.

Setelah berkoordinasi dengan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Gunung Api (BPPTKG) Yogyakarta juga dinyatakan belum ada ancaman akan kembali terjadi letusan freatik susulan. Hanya sekali itu, sekitar pukul 07.40 WIB.

Pihaknya juga menyediakan posko bagi masyarakat yang merasa terganggu kesehatannya untuk memeriksakan diri. Dibukanya pos yang berada di Pakem, hingga nanti dilakukan evaluasi pada Jumat (11/5) siang. “Kalau ada yang sakit akibat abu vulkanik, segera periksa,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Objek Wisata Lereng Merapi di Sleman Sementara Ditutup