alexametrics

Merapi Meletus, 154 Pendaki Selamat, 6 Lainnya Perjalanan Turun

11 Mei 2018, 15:18:09 WIB

JawaPos.com – Sebanyak 154 dari 160 orang pendaki yang sempat tertahan di Gunung Merapi saat terjadi erupsi dilaporkan selamat. Sementara enam sisanya dikabarkan sedang dalam perjalanan menuju Pos Pendakian Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Basarnas Jawa Tengah, Noer Isrodin saat dihubungi, mengungkapkan, 154 orang pendaki tadi saat ini sedang berada di pos Selo. “Mereka sedang beristirahat lalu tadi dari sepuluh yang kurang, barusan datang empat lagi. Sehingga tinggal enam yang kurang. Mereka sedang dalam perjalanan menyusul yang lain,” ujarnya, Jumat (11/5).

Noer menyebut, ratusan pendaki tadi telah paham akan situasi yang mereka alami. Sehingga pihaknya menilai belum membutuhkan upaya penjemputan dari tim Basarnas. “Ya tadi ada tim evakuasi setempat yang juga meminta mereka cepat,” sambungnya.

Mengenai kondisi terakhir para pendaki, Noer mengungkap berdasarkan laporan dari jajarannya, ada sejumlah pendaki yang mengalami luka ringan. “Biasa, lecet-lecet kecil. Kan tergesa-gesa,” katanya lagi.

Untuk Basarnas sendiri, Noer menegaskan telah mengirimkan dua tim ke lokasi turunnya para pendaki nanti, yakni jalur Boyolali. Mereka ditugaskan untuk memberikan penanganan dan pertolongan pertama bagi para pendaki.

Semua jalur pendakian menuju puncak Gunung Merapi, lanjut Noer, juga telah ditutup. Upaya penutupan dilakukan setelah pihak SAR berkoordinasi dengan Balai Taman Nasional Merbabu dan Merapi untuk menyikapi adanya letusan pada puncak gunung berapi tersebut.

“Semua jalur pendakian setelah munculnya erupsi harus ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi yang  terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman meletus freatik pada Jumat (11/5) pukul 07.32 WIB. Letusan yang didominasi material uap air ini menyebabkan terjadinya fenomena hujan abu vulkanik.

Dampak hujan abu vulkanik diketahui melanda sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Sleman. Meliputi Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak dan sebagian Kecamatan Sleman, seperti Jombor, Ngaglik, Pasar Sleman, Jakal Km 10, Godean, Depok dan Gamping. Sementara di Kota Jogyakarta hujan abu turun di daerah Stasiun Tugu, Bumijo, Malioboro, Gamping, dan Timoho.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Merapi Meletus, 154 Pendaki Selamat, 6 Lainnya Perjalanan Turun