JawaPos Radar

Ketinggian Erupsi Gunung Merapi Belum Diketahui

11/05/2018, 09:08 WIB | Editor: Ilham Safutra
Ketinggian Erupsi Gunung Merapi Belum Diketahui
Gunung Merapi kembali mengalami letusan featik, Jumat (11/5) (BPBD Kabupaten Magelang)
Share this

JawaPos.com - Dari data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) aktivitas erupsi Gunung Merapi Jogjakarta berlangsung pada Jumat pagi (11/5), pukul 7.40. Hingga kini BMKG belum bisa memastikan ketinggian erupsi tersebut.

Kepala Humas BMKG Harry Tirto menyatakan, pihaknya tengah melakukan analisis terhadap sebaran debu. Selain melakukan pemantauan aktivitas lanjutan dari Gunung Merapi. Sampai berita ini diturunkan BMKG baru memantau ada gumpalan asap.

"Betul, (Gunung) Merapi erupsi. Saat ini sedang dilakukan analisis terkait dengan sebaran abu," jelas Harry saat dikonfirmasi JawaPos.com, Jumat (11/5).

Lebih jauh disebutkannya, menurut Laporan Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdalops BPBD) Magelang, Jawa Tengah, puncak Gunung Merapi mengalami erupsi yang belum diketahui ketinggian asap yang keluar dari puncak Merapi.

Pusdalops BPBD Magelang menyebut, letusan freatik Gunung Merapi sedang dipelajari. Maka dari itu, masyaraat diimbau menjauhi puncak gunung dengan radius 3 kilometer.

“Masyarakat diimbau untuk tetap tenang, semua data sedang kami kumpulkan. Jika ada informasi lebih lanjut akan kami sampaikan,” tandas Harry singkat.


Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gunung Merapi mengalami letusan freatik sekitar pukul 07.40 WIB. Hampir semua warga di lereng gunung, tepatnya Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman mengalami kepanikan. Mereka memutuskan turun ke kaki gunung.

Camat Cangkringan Mustadi mengatakan, kepanikan warga timbul setelah melihat asap yang membumbung tinggi dari puncak Merapi. "Hampir semua turun karena panik. Tapi kami mau naik menenangkan warga," katanya, Jumat (11/5) pagi.

Dikatakan Mustadi, warga saat turun ada yang memakai truk rombongan dan Jeep.

Sampai kini juga belum ada penjelasan dari pihak Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Gunung Api (BPPTKG) Jogjakarta terkait peristiwa itu. "Ini juga masih menunggu penjelasan dari BPPTKG," tuturnya.

(dho/rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Sehari, Merapi Sudah Dua Kali Erupsi 11/05/2018, 09:08 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up