alexametrics

Imbas Erupsi Gunung Merapi, Bandara Adisutjipto Ditutup

11 Mei 2018, 13:06:32 WIB

JawaPos.com – Bandara Adisutjipto Jogjakarta ditutup sementara, Jumat (11/5). Penyebabnya lantaran erupsi freating Gunung Merapi yang terjadi pukul 07.32 tadi.

Akibat erupsi, terjadi hujan abu. Beberapa tempat di kawasan selatan hingga barat daya, termasuk Bandara Adisutjipto terkena imbasnya.

“Pihak otoritas Bandara Adisutjipto telah menyampaikan penutupan sementara bandara berlaku dari pukul 10.42 WIB sampai dengan 11.10 WIB. Selanjutnya akan dilakukan evaluasi,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/5).

Erupsi Gunung Merapi
Erupsi Gunung Merapi pagi tadi (Ist/Jawapos.com)

Sutopo menambahkan, hujan abu terjadi di beberapa tempat di wilayah Kabupaten Sleman Jogjakarta. Meliputi Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak, dan sebagian Kecamatan Sleman.

“Sleman hujan abu turun di daerah Jombor, Ngaglik, Pasar Sleman, Jakal KM 10, Godean, Depok dan Gamping. Di Kota Jogjakarta hujan abu di daersh Stasiun Tugu, Bumijo, Malioboro, Gamping, dan Timoho,” terangnya.

Sutopo menegaskan hingga saat ini tidak ada erupsi susulan. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak merekam adanya peningkatan kegempaan di Gunung Merapi.

Pascaerupsi gempa, lanjut dia, yang terekam tidak mengalami perubahan dan suhu kawah mengalami penurunan dan status Gunung Merapi tetap normal.

“Msaih level 1. Masyarakat diimbau untuk tetap tenang. Tidak perlu panik. Lakukan antisipasi. Gunakan masker jika melakukan aktivitas di luar rumah,” pungkasnya.

Editor : Fersita Felicia Facette

Reporter : (ce1/rgm/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Imbas Erupsi Gunung Merapi, Bandara Adisutjipto Ditutup