alexametrics

Adisucipto Ditutup, Bandara di Jateng Tunggu Pengalihan Penerbangan

11 Mei 2018, 13:31:53 WIB

JawaPos.com – Otoritas Bandara Adi Sucipto Yogyakarta terpaksa menutup sementara aktivitas penerbangan pasca meletusnya Gunung Merapi, Jumat (11/5) pagi. Penutupan tersebut, belum membuat adanya pengalihan penerbangan ke bandara lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, Bandara Adi Sucipto menutup aktivitas penerbangan dari pukul 10.42 WIB sampai dengan 11.10 WIB. Dikarenakan sebaran hujan abu vulkanik Gunung Merapi.

Atas adanya hal itu, dua bandara yang ada di Jawa Tengah yakni Bandara Ahmad Yani Semarang dan Bandara Adi Sumarmo Solo belum menyatakan meneriman pengalihan penerbangan dari Bandara Adi Sucipto Jogjakarta.

Adisucipto Ditutup, Bandara di Jateng Tunggu Pengalihan Penerbangan
Erupsi Gunung Merapi (Istimewa)

“Seperti biasa, kita juga siap menerima pengalihan penebangan, tapi sampai saat ini belum ada informasi pengalihan penebangan dari Adi Sutjipto Jogjakarta ke Ahmad Yani Semarang,” kata Yudi N Dinuri selaku staf Air Nav Bandara Ahmad Yani Semarang, melalui pesan singkat Whatsapp.

Situasi yang tak jauh berbeda juga berlaku di Bandara Adi Sumarmo Solo. Humas Angkasa Pura I Danar Dewi mengatakan, sejauh ini pihaknya belum mendengar adanya instruksi pengalihan penerbangan dari Bandara Adi Sucipto.

“Belum ada pengalihan. Solo masih aman,” kata Danar yang juga dihubungi melalui pesan Whatsapp.

Untuk diketahui, Gunung Merapi yang terletak di Kabupaten Klaten, Megelang, Boyolali dan Sleman meletus freatik pada Jumat (11/5) pukul 07.32 WIB. Letusan yang didominasi material uap air ini menyebabkan terjadinya fenomena hujan abu vulkanik.

Dampak hujan abu vulkanik diketahui melanda sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Sleman. Meliputi Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Cangkringan, Ngemplak dan sebagian Kecamatan Sleman, seperti Jombor, Ngaglik, Pasar Sleman, Jakal KM 10, Godean, Depok dan Gamping. Sementara di Kota Jogyakarta hujan abu dilaporkan turun di daerah Stasiun Tugu, Bumijo, Malioboro, Gamping, dan Timoho.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (gul/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Adisucipto Ditutup, Bandara di Jateng Tunggu Pengalihan Penerbangan