alexametrics

8 Jam Terjebak di Lumpur, Gajah Ini Akhirnya Selamat

11 April 2018, 09:48:37 WIB

JawaPos.com – Seekor gajah bernama Winggo dilaporkan terjebak dalam lumpur bekas sumur tua di Kabupaten Aceh Barat, Aceh. Setelah delapan jam terbenam dalam kubangan, gajah malang itu akhirnya dapat diselamatkan.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, gajah jinak Winggo terperosok ke dalam lumpur pada Selasa (10/4) pagi sekira pukul 09.00 WIB. Lokasi kejadian berada di sekitar pusat Conservation Response Unit (CRU) Alue Kuyun, Aceh Barat.

“Ketegangan terjadi di CRU Alue Kuyun, Aceh Barat. Melihat gajahnya terperosok ke dalam lumpur, mahout-mahout dipimpin Leader CRU Boim segera berupaya mengeluarkan Winggo,” kata Sapto di Banda Aceh, Rabu (11/4).

Gajah
Gajah jinak bernama Winggo terjebak dan terbenam dalam kubangan lumpur bekas sumur tua di sekitar pusat Conservation Response Unit (CRU) Alue Kuyun, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Selasa (10/4). (Dok. BKSDA Aceh for JawaPos.com)

Alih-alih mengeluarkan dari kubangan lumpur, gajah jinak ini sempat semakin terbenam. Sebab satwa berbelalai itu terus meronta. “Boim kemudian berkoordinasi dengan Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 2 dan Kepala Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree yang selanjutnya melapor kepada BKSDA,” ujarnya.

Mendapat laporan tersebut, BKSDA selanjutnya memerintahkan tim PKG Saree untuk segera berangkat ke Alue Kuyun, Aceh Barat. Sekaligus membawa gajah tarik guna menyelamatkan Winggo yang dilaporkan sudah mulai lemas.

Petugas CRU Alue Kuyun juga tetap diminta untuk melakukan upaya yang dapat membuat Winggo tetap bertahan sambil menunggu kedatangan tim PKG Saree. Akhirnya Wingo bisa keluar dari kubangan lumpur pada pukul 18.00 WIB.

“Dengan upaya yang tidak kenal lelah dari tim CRU Alue Kuyun, gajah Winggo bisa dikeluarkan dari jebakan lumpur dengan selamat sebelum tim PKG Saree tiba di lokasi,” ungkap Sapto.

Selama ini, Winggo berperan dan menjalankan sebagai gajah patroli di CRU Alue Kuyun, Aceh Barat. Selain Winggo, terdapat tiga ekor gajah patroli lainnya. Yakni Abu, Butet, dan Suci.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (mal/JPC)

Saksikan video menarik berikut ini:

8 Jam Terjebak di Lumpur, Gajah Ini Akhirnya Selamat