alexametrics

Polres Jember Cegah Pergerakan Massa Kelompok Silat ke Banyuwangi

11 Maret 2022, 06:17:16 WIB

JawaPos.com–Aparat Kepolisian Resor (Polres) Jember mencegah pergerakan massa kelompok silat asal Kabupaten Jember menuju ke Kabupaten Banyuwangi akibat bentrok antar perguruan silat. Polisi melakukan penyekatan di jalur Gumitir yang merupakan perbatasan dua kabupaten tersebut.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo bersama Dandim 0824 Jember Letkol Inf Batara C. Pangaribuan memimpin penyekatan di kawasan Gunung Gumitir, Kecamatan Silo, Kamis (10/3).

”Kami melakukan penyekatan di kawasan Gunung Gumitir untuk mengantisipasi adanya pergerakan kelompok perguruan silat dari Pagar Nusa dan PSHT yang akan bergabung ke Banyuwangi pascabentrok dua perguruan silat itu,” kata Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo seperti dilansir dari Antara.

Dari upaya penyekatan itu, lanjut dia, pihaknya berhasil menghalau dan menghentikan anggota perguruan silat yang akan ke Kabupaten Banyuwangi dengan dalih solidaritas. ”Puluhan anggota dua kelompok perguruan silat tersebut kami minta kembali ke rumah dan tidak ikut terlibat perseteruan perguruan silat di Banyuwangi. Percayakan kasus itu ke aparat penegak hukum setempat,” tutur Hery Purnomo.

Hery mengimbau kepada masyarakat Jember agar tidak terprovokasi dan ikut-ikutan bergerak ke Kabupaten Banyuwangi. Sebab, hal itu bukan jalan penyelesaian dan justru akan menimbulkan permasalahan baru.

”Kami imbau kepada masyarakat Jember untuk tidak terprovokasi kabar yang tidak jelas dan ikut-ikutan ke Banyuwangi. Percayakan persoalan bentrok antarperguruan silat itu kepada aparat penegak hukum Banyuwangi, dan tetap menjaga Jember tetap kondusif,” ucap Hery Purnomo.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads