alexametrics

Jamaah Umrah dan Haji Asal Jatim Tak Perlu Berangkat dari Jakarta

11 Maret 2022, 19:39:45 WIB

JawaPos.com–Jamaah umrah asal Jawa Timur bisa berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya mulai Minggu (13/3). Kabar itu menjadi angin segar, mengingat sebelumnya, jamaah umrah dan haji harus berangkat ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta untuk menuju Makkah.

Hal itu dipastikan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam rapat koordinasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) di Kota Surabaya, Jumat (11/3). ”Tadi kita harmonisasi semua, jadi seperti umrah, nanti dari Jatim berangkat dari Jatim, balik ke Jatim,” kata Luhut ditemui usai Rakor.

Jamaah haji yang kembali ke Tanah Air akan melakukan tes PCR di Bandar Udara Internasional Juanda. Ada 2 skema yang disiapkan bila jamaah dinyatakan negatif maupun positif Covid-19.

”Dia (jamaah) datang nanti PCR di bandara langsung ke hotel atau asrama haji. Kalau dia negatif langsung pulang, kalau positif ya dikarantina,” tutur Luhut.

Ditanya kepastian pelaksanaan program itu, Luhur menyebut per hari ini (11/3) sudah bisa dilakukan. Namun, secara efektif, aturan itu akan berlaku 1–2 hari lagi.

”Mulai seharang, bulan ini (mulai). Efektif mungkin 1–2 hari, tunggu persiapan,” ujar Luhut.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: