alexametrics

Soal Foto Viral Andi Arief, Berikut Penjelasan Lengkap KPU Kulon Progo

11 Maret 2019, 16:25:14 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) akhirnya buka suara terkait foto kontainer beraksara asing dengan logo KPU yang membawa surat suara baru-baru ini. Hal itu dilakukan setelah foto tersebut viral lantaran diunggah oleh politikus dari Partai Demokrat, Andi Arief.

“Itu kan surat suara datang dikawal dari percetakan di Solo ke Wates. KPU Kulon Progo menerima di gudang KPU. Surat suara dari DPR RI sejumlah 341.591 terbagi dalam 684 boks,” kata Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, Ibah Mutiah saat dihubungi Senin (11/3).

Surat suara itu datang pada Jumat (8/3) sore sekitar pukul 17.00 WIB. Dibawa menggunakan kontainer yang bertulisan aksara bahasa asing. “Itu Jepang bukan China. Yang membuat viral tulisannya itu,” katanya.

Soal Foto Viral Andi Arief, Berikut Penjelasan Lengkap KPU Kulon Progo
Kontainer bertuliskan aksara bahasa asing mengangkut surat suara yang sempat viral. (Istimewa)

Setelah sampai di gudang KPU yang berada di dekat Stasiun Wates, Kabupaten Kulon Progo, kemudian difoto. Sebagai bukti bahwa surat suara itu masih tersegel. “Surat suara masih tersegel, petugas Polres minta difoto untuk barang bukti. Difoto baru kemudian kami turunkan,” katanya.

Selanjutnya surat suara ini akan disortir dan dilipat. Namun masih menunggu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena masih rapat pleno Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Bimtek kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). “Kalau PPK sudah siap nanti akan kami sortir dan lipat,” ucapnya.

Sebelumnya, Andi Arief dalam akun Twitter mengunggah foto kontainer beraksara Jepang. Dia meminta agar dibantu untuk dikonfirmasikan kepada KPU. “Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan dimana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran,” cuit akun @AndiArief_.

Cuitan Andi Arief memang kerap menyita perhatian. Sebelumnya, dia sempat menghebohkan dengan menyebut ada 7 kontainer yang berisi 7 juta surat suara telah tercoblos. Padahal, saat itu KPU belum mencetak surat suara. Akibatnya, Andi Arief di-bully oleh netizen karena menyebarkan kabar bohong.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat



Close Ads
Soal Foto Viral Andi Arief, Berikut Penjelasan Lengkap KPU Kulon Progo