alexametrics

Serang Pencari Ikan, Jejak Kaki Buaya Ganas Ditemukan di Sungai Masang

11 Maret 2019, 13:10:34 WIB

JawaPos.com- BKSDA Agam, Sumatera Barat (Sumbar) telah memantau Sungai Masang Kiri, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan. Sungai itu merupakan lokasi penyerangan buaya terhadap manusia. Pemantauan tersebut menggunakan camera trap.

Namun, pihak BKSDA Agam tidak menemukan keberadaan habitat buaya muara atau Crocodylus porosus tersebut.

“Tidak ditemukan (buaya). Tapi jejaknya kami temukan,”ungkap Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Kabupaten Agam Ade Putra, Senin (11/3).

Menurut Ade, pihaknya telah memantau keberadaan buaya selama tiga hari dua malam. Bahkan, pemantauan juga menggunakan kamera penjebak.

“Mungkin karena dua malam pengintaian itu, kawasan tersebut diguyur hujan lebat,” katanya.

Ade menduga, buaya tersebut sudah pergi menuju muara Batang Masang, Nagari Tiku, Kecamatan Tanjung Mutiara. Jarak muara itu sekitar 7 hingga 15 km dari lokasi penyerangan.

“Kami temukan dua jejak. Seekor diperkirakan panjangnya 4 meter, dan seekor lainnya 2 meter,” paparnya.

Sebelumnya diberitakan JawaPos.com, seorang warga Kabupaten Pasaman, Misrel, 35, diserang buaya saat menyelam mencari ikan di kawasan Sungai Masang Kiri, Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam. Peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB, Rabu malam (7/3). Saat itu, korban bersama tiga rekannya sedang mencari ikan dengan cara menombak dan menyelam ke dalam air.

Diduga, buaya mengamuk karena terinjak oleh korban yang saat itu menyelam di dalam sungai. Beruntung, korban berhasil diselamatkan dan dibawa ke luar sungai oleh tiga rekannya setelah sempat berjibaku melawan predator ganas tersebut.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Riki Chandra

Serang Pencari Ikan, Jejak Kaki Buaya Ganas Ditemukan di Sungai Masang