alexametrics

Rekonstruksi Pembunuhan Taruna ATKP Makassar Segera Digelar

11 Maret 2019, 09:38:32 WIB

JawaPos.com- Satreskrim Polrestabes Makassar segera menggelar rekonstruksi penganiayaan dan pembunuhan taruna tingkat I Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, Aldama Putra Pongkala. Rekonstruksi tersebut bertujuan untuk melengkapi Berits Acara Pemeriksaan (BAP) tersangka M. Rusdi.

“Secepatnya (rekonstruksi), karena ini kan kelengkapan berkas,” terang Kasatreskrim Polrestabes AKBP Indratmoko, Senin (11/3).

Baru-baru ini, penyebab pasti kematian Aldama telah diketahui utuh. Berdasarkan hasil otopsi, luka lebam di sebagian besar tubuh korban disebabkan hantaman benda tumpul. Bukan cuma sekali, korban dihantam berulang kali hingga akhirnya ambruk tak sadarkan diri.

Indratmoko menjelaskan, sebenarnya setelah hasil otopsi diterima, pihaknya langsung berkoordinasi dengan kampus ATKP agar rekonstruksi bisa cepat dilaksanakan. Namun karena persoalan teknis dari internal kampus, agenda yang sedianya dilakukan pekan ini terpaksa diundur.

“Kami koordinasi ke pihak kampus, tapi tarunanya libur. Nanti kembali masuk tanggal 16 Maret). Sedangkan saksi-saksi kan banya di sana, kalau libur kan repot,” ungkapnya.

Kendati begitu, Korps Bhayangkara akan tetap berkoordinasi kembali dengan kampus di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut. Polisi bakal kembali berembuk dengan kampus guna memastikan waktu yang pas untuk menggelar rekonstruksi.

Putra tunggal dari anggota TNI AU Pelsa Daniel Pongkala itu sebelumnya tewas dengan sejumlah luka lebam di bagian tubuhnya. Hasil penyidikan polisi, tersangaka M Rusdi disebut berulang kali melayangkan hantaman ke tubuh korban. Tak hanya tangan kosong, Aldama dihantam menggunakan benda tumpul.

Penyidik juga telah memeriksa 24 orang saksi-saksi dalam perkara ini. Selain pihak keluarga korban, umumnya mereka yang diperiksa adalah taruna setingkat dengan tersangka M Rusdi serta pihak internal ATKP Makassar.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Rekonstruksi Pembunuhan Taruna ATKP Makassar Segera Digelar