alexametrics

Izin Tak Sesuai, Tiga Pesepakbola Asal Iran Dideportasi

11 Maret 2019, 20:15:52 WIB

JawaPos.com – Tiga pesepakbola asal Iran yang merumput di Jawa Tengah dideportasi kembali ke negara asalnya. Alasannya, izin yang mereka urus belum memenuhi prosedur yang berlaku.

“Kemarin Kantor Imigrasi Cilacap itu mendeportasi tiga orang, warga negara Iran. Karena mereka sebagai pemain bola profesional,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil KemenkumHAM) Jateng, Ramli HS saat dijumpai di Hotel Harris, Kota Semarang, Senin (11/3).

Ramli menyebut latar belakang pemulangan para pesepakbola itu dikarenakan izin masing-masing belum memenuhi semua prosedur. Alias tidak sesuai dengan maksud atau tujuan mereka berada di Indonesia.

“Izin mereka tidak sesuai. Kalau memang mereka tetap dipakai untuk sebagai pemain bola profesional, silakan tempuh perizinan yang sesuai dengan maksud dan keberadaanya,” sambungnya.

Ramli mengatakan, tindakan tegas ini merupakan bentuk konsistensi aparat keimigrasian dalam mengawasi keberadaan dan aktivitas para WNA. Khususnya di Provinsi Jawa Tengah. “Sebagaimana juga dalam kaitannya penegakkan hukum keimigrasian di jateng, tahun 2018 ini kami sudah mendeportasi 197 WNA. Dan tahun 2019 sudah 37 orang,” katanya lagi.

Sepanjang tahun 2019 ini, Ramli merinci bahwa WNA dideportasi yang mendominasi berasal dari negara Iran. Jumlahnya tiga orang yang tak lain adalah pemain sepak bola tadi. Kemudian disusul antara lain dari Belgia 2 orang, Italia, Belanda, Jordania, Malaysia, India, Jepang, Tajikistan, Korea Selatan masing-masing satu orang. 

Sementara untuk tahun sebelumnya, paling banyak yang dideportasi adalah WNA dari negara Tiongkok. Sebanyak 34 orang. Diikuti Malaysia 25 orang, Korea Selatan 18 orang, Timor Leste 15 orang, India 12 orang, dan negara lain mencapai 93 orang. 

“Mereka dikembalikan ke negara asalnya karena menyalahi aturan visa dan masa izin tinggal. Hitungannya, 137 WNA dideportasi karena masa izin tinggalnya sudah habis. Sedangkan sisanya, menyalahgunakan visa dalam kunjunganya,” tandasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro



Close Ads
Izin Tak Sesuai, Tiga Pesepakbola Asal Iran Dideportasi