alexametrics
MRT Jakarta Segera Beroperasi

Ekspektasi Warga Terhadap MRT Tak Sebesar 20 Tahun Lalu

11 Maret 2019, 13:29:36 WIB

JawaPos.com – Moda Raya Terpadu (MRT) tak lama lagi akan beroperasi. Transportasi massal itu bakal menjadi pilihan baru warga ibu kota dalam berpergian. Akan tetapi, keberadaan MRT ke depan bukan berarti akan menjawab masalah transportasi di Jakarta.

Sebab, Feasibility Study (FS) pembangunan MRT dibuat sejak 20 tahun lalu. Kondisi saat itu, sangat berbeda dengan kondisi saat ini. Hal itu dikatakan, pengamat dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Joko Setijowarno.

Dikatakan Joko, setelah MRT sudah bisa melayani kebutuhan masyarakat bertransportasi. Akan tetapi ekspektasinya bisa jadi tidak sebesar yang diharapkan saat FS dibuat pada 20 tahun lalu.

Mengingat, sudah banyak terjadi perubahan tata guna lahan hingga perubahan masyarakat dalam bertransportasi selama kurun waktu tersebut. “Setelah dioperasikan, bisa jadi tidak sebesar yang diharapkan saat dibuat FS MRT pada 20 tahun lalu. Otomatis sudah banyak terjadi perubahan tata guna lahan dan sebagainya,” ujar Joko saat dikonfirmasi JawaPos.com, Senin (11/3).

Ia menjelaskan, salah satunya MRT di kawasan sepanjang Tol TB Simatupang. Di kawasan tersebut sudah banyak perubahan dalam kurun waktu 20 tahun terakhir. Seperti, pesatnya pertumbuhan gedung perkantoran hingga adanya jalan tol.

Kemudian, perilaku masyarakat bertransportasi semakin berubah dengan adanya angkutan transportasi online dan pribadi. “Di sana, sudah berjajar kawasan perkantoran. Artinya, masyarakat mengandalkan tranportasi pribadi dan online. Itu juga berpengaruh. Selama 20 tahun itu, banyak perubahan,” ucap Joko.

Diketahui, proyek pembangunan MRT sudah dirintis sejak tahun 1985. Namun, saat itu proyek MRT belum dinyatakan sebagai proyek nasional. Baru pada 2005, Presiden Republik Indonesia menegaskan bahwa proyek MRT Jakarta merupakan proyek nasional.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid



Close Ads
Ekspektasi Warga Terhadap MRT Tak Sebesar 20 Tahun Lalu