alexametrics

DPRD Segera Bentuk Pansel Pemilihan Wagub DKI, Ini Tahapannya

11 Maret 2019, 16:09:50 WIB

JawaPos.com – DPRD Provinsi DKI Jakarta mulai memproses usulan pengganti Sandiaga Uno sebagai wakil gubernur DKI Jakarta. Sebelumnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyerahkan dua nama usulan untuk pendampingnya itu ke kalangan dewan.

Sekretaris DPRD DKI Jakarta Yuliadi mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) untuk menentukan panitia pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta. Rencananya rapimgab akan digelar pada Rabu (13/3) lusa.

“Baru setelah hasil dari rapimgab, Bamus akan menjadwalkan waktu untuk rapat paripurna. Kalau pansel selesai terbentuk, panitianya baru diumumkan di paripurna panitia itu,” ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (11/3).

Ia menambahkan setelah terbentuk, pansel akan langsung bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dikatakannya, pansel itu dibentuk untuk menyusun tata tertib terkait bagaimana mekanisme pemilihan.

Usai tata tertib disusun, akan digelar kembali rapat paripurna untuk menentukan wakil gubernur terpilih. Namun dalam pemilihannya nanti, rapat harus kuorum. Artinya jumlah anggota yang hadir harus memenuhi unsur 2/3 anggota DPRD DKI Jakarta.

Sedangkan hasil pemilihan harus mencapai 50 persen plus 1 dari kuorum. Aturan tersebut mengacu pada PP No. 12 tahun 2018.

“Suara sah terpilih harus 50 persen plus 1. Dan rapat paripurna harus kuorum 2/3 dari anggota DPRD DKI Jakarta,” katanya.

Pembentukan pansel sendiri, Yuliadi memastikan tidak akan lama. Menurut agenda yang sudah dijadwalkan jangka waktu untuk pembentukan pansel hanya diberi batas waktu dua Minggu.

“Pansel kan cepat. Kita jadwalin, enggak sampai sebulan. Dua minggu selesai,” kata Yuliadi.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : Wildan Ibnu Walid


Close Ads
DPRD Segera Bentuk Pansel Pemilihan Wagub DKI, Ini Tahapannya