alexametrics

Diduga Disiksa Warga, Buaya Sungai Sordang Mati dengan Penuh Luka

11 Maret 2019, 14:15:11 WIB

JawaPos.com – Rencana Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) membawa buaya Sungai Sordang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, gagal total. Pasalnya reptil besar yang hidup di air tersebut mati sebelum sempat dievakuasi. 

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Sumut Seno Pramudita mengatakan, buaya sepanjang sekitar tiga meter itu mati pada Sabtu (9/3). Terdapat luka pada beberapa bagian tubuhnya. “Sudah mati sebelum tim kita sampai ke sana. Banyak luka di badannya,” ujar Seno, Senin (11/3). 

Kuat dugaan, buaya itu mati karena disiksa warga yang mengevakuasi. Kemungkinan mereka geram karena buaya itu sudah meneror mereka dua bulan terakhir. “Untuk bangkainya sudah kita kubur di belakang kantor kita yang di Tarutung,” ujarnya. 

Untuk diketahui, buaya nahas itu sudah menampakkan diri di Desa Makartanauli, Kecamatan Kolang sejak Januari lalu. Warga yang bermukim di sana pun merasa ketakutan. 

Akhirnya buaya itu terjerat jaring yang di pasang warga. Dalam foto yang beredar, buaya itu sudah diangkat warga ke daratan. Dengan kaki, tangan dan mulut yang sudah terikat.

BBKSDA juga akan melakukan penyelidikan lanjutan di lokasi temuan buaya. Itu dilakukan untuk mencari kemungkinan mencari buaya lainnya. 

“Bisa jadi kita selidiki. Bekerja sama dengan masyarakat di sana. Kalau ada tanda-tanda akan kita lakukan langkah evakuasi. Kita juga akan tetap lakukan pemantauan,” pungkasnya. 

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Prayugo Utomo



Close Ads
Diduga Disiksa Warga, Buaya Sungai Sordang Mati dengan Penuh Luka