alexametrics

Pemprov Jateng Bantu Percanggih Peralatan RSND Undip

11 Februari 2019, 18:15:16 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mewujudkan bentuk kepeduliannya terhadap masyarakat melalui pelayanan Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) di Universitas Diponegoro. Yakni, dengan pemberian bantuan peralatan berupa CT-Scan 128 Slice senilai Rp 12 miliar.

Soft Launching CT-Scan 128 Slice tersebut dilakukan langsung oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo bersamaan dengan acara Dies Natalis ketiga, Senin (11/2). Ia didampingi Sekda Jateng, Sri Puryono dan tamu undangan lain.

Peralatan canggih macam ini menurut Ganjar, bisa dibilang kebutuhan utama rumah sakit saat ini. Semakin canggih peralatan yang dimiliki, ditambah sumber daya manusia (SDM) mumpuni, diharapkan pelayanan prima menjadi tolok ukur keberhasilan suatu rumah sakit.

“Sekarang rumah sakit memiliki banyak alat canggih. Seperti CT-Scan ini, orang dengan sangat cepat sekali diperiksa kesehatannya. Saya tanya bahkan hanya sepuluh detik untuk merekam penyakit jantung, sudah diketahui hasilnya,” katanya.

Tak cuma mengandalkan CT-Scan dan peralatan-peralatan canggihnya. Untuk membuat masyarakat mendapatkan layanan jauh lebih baik lagi, rumah sakit juga harus memiliki berbagai inovasi kesehatan yang dilakukan guna menjadi solusi masalah kesehatan masyarakat.

Menurut Ganjar, pada sisi layanan, saat ini dijumpai beberapa problem dari masyarakat. Apakah itu merasa tidak terlayani dengan baik, maupun tidak bisa menggunakan BPJS dan lain sebagainya.

“Orang sakit sekarang tidak hanya ingin berobat, tapi juga ingin masalahnya diselesaikan. Jadi ya banyak tetek bengeknya. Nah rumah sakit harus tetap menjaga pelayanan agar tetap prima, termasuk memberikan pengertian tentang cara kerja kesehatan agar mereka memahami,” tegasnya.

Ke depan, RSND Undip turut diminta berperan lebih dalam kampanye kepada publik soal kesehatan. Ini adalah langkah edukasi pada sisi hulu. Keberadaan RSND Undip yang di-backup oleh Undip dengan berbagai fakultasnya, dianggap memiliki faktor penyokongnya.

“Semua bisa berperan dengan masing-masing disiplin ilmunya. Dimulai dengan hal-hal sederhana, cuci tangan sebelum makan, gosok gigi teratur dan benar, olahraga, makan makanan bergizi, tidak buang sampah sembarangan dan sebagainya,” tutupnya.

Direktur Utama RSND, Susilo Wibowo sementara itu menyatakan, pihaknya terus berbenah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Dengan hadirnya alat CT-Scan ini, pihaknya berkomitmen membuat pelayanan kian optimal.

Susilo menambahkan, RSND selain sebagai rumah sakit pendidikan bagi mahasiswa Undip, juga sebagai penunjang pelayanan kesehatan di masyarakat. Dengan semakin canggih peralatan dan kian mumpuninya sumber daya, maka RSND siap menjadi rujukan bagi rumah sakit lain di Kota Semarang.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Pemprov Jateng Bantu Percanggih Peralatan RSND Undip