alexametrics

Kota Malang Tambah Surat Suara Sebesar 2 Persen

11 Februari 2019, 15:29:36 WIB

JawaPos.com- Kebutuhan surat suara di Kota Malang bertambah sebesar 2 persen dari jumlah total Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT HP). Sebagian surat suara itu sudah terdistribusi.

Setidaknya ada dua kontainer datang ke gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, di Jalan Ciujung, Kecamatan Blimbing, Senin (11/2). Kontainer tersebut berisi surat suara yang dikirim langsung dari percetakan. Sejumlah petugas juga terlihat mengcek dan menghitung kardus-kardus berisi surat suara. Aparat Polres Malang Kota dan Bawaslu Kota Malang turut hadir memantau.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin mengatakan, gelombang pertama pengiriman berisi surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD). “Hari ini memang DPD dulu. Tetapi secara berjenjang dua hari ke depan akan selesai, baik DPR RI maupun Presiden dan DPRD kabupaten/kota,” ujarnya.

Zaenudin merinci, total kebutuhan surat suara untuk Kota Malang mencapai 635.649 lembar. Jumlah tersebut mengalami penambahan sebesar 2 persen dari sebelumnya yakni sebanyak 623.185 lembar. “Ditambah 2 persen untuk cadangan atau sekitar 12.464 lembar,” terangnya.

Nantinya, setelah pendistribusian selesai, KPU akan mengecek kondisi surat suara sekaligus penghitungan jumlahnya. “Dihitung jumlahnya kurang atau lebih, nanti bisa dilaporkan ke KPU RI terkait pemenuhan kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Pengiriman tersebut diprediksi akan selesai pada Rabu mendatang (13/2). KPU Kota Malang telah menyiapkan petugas keamanan untuk mengawal pendistribusian surat suara. “Kami bersama Polres Malang Kota ada skema pengamanan dari percetakan ke gudang logistik. Ada 2 personel patwal terbuka dan 2 patwal tertutup yang mengawal distribusi,” pungkasnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Copy Editor :

Kota Malang Tambah Surat Suara Sebesar 2 Persen