alexametrics

Kasus Alih Fungsi Lahan, Polda Sumut: Ada Saksi Lagi akan Diperiksa

11 Februari 2019, 18:25:37 WIB

JawaPos.com – Polda Sumatera Utara (Sumut) terus mendalami kasus alih fungsi hutan menjadi kebun sawit oleh PT Anugerah Langkat Makmur (ALAM) yang melibatkan Musa Idishah alias Dodi, Adik Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah.

Setelah pemeriksaan yang dilakukan terhadap Wagub Sumut Musa Rajekshah alias Ijeck, Polda Sumut belum melakukan pemeriksaan terhadap saksi baru.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, Ijeck merupakan saksi ke-14 yang diperiksa dalam kasus alih fungsi lahan itu. Polda Sumut katanya, masih terus menyelidiki keterangan saksi.

“Sampai saat ini belum ada perkembangan terbaru. Masih terus kita selidiki,” ujar Tatan, Senin (11/2).

Mantan Waka Polrestabes Medan ini melanjutkan, ke depan masih ada sejumlah saksi lagi yang akan diperiksa. Polda Sumut masih mencari kemungkinan ada tersangka baru dalam kasus ini.

Pihaknya juga sudah memeriksa saksi ahli dari Dinas Kehutanan. Bisa dipastikan, lahan PT Anugerah Langkat Makmur (ALAM) yang dikelola Dodi adalah hutan lindung yang berubah fungsi.

“Itu hutan lindung. Tapi tidak masuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL),” tuturnya.

Sementara itu, JawaPos.com mencoba untuk berkomunikasi dengan Abdul Hakim Siagian yang merupakan Kuasa Hukum Dodi. Namun sayangnya, yang bersangkutan tidak mengangkat telepon dan tidak membalas pesan singkat yang dilayangkan kepadanya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah diperiksa selama 11 jam lebih atas kasus yang menjadikan adiknya berstatus tersangka. Pemeriksaan dilakuakn karena, Ijeck tercatat sebagai mantan direksi di PT ALAM.

Polda Sumut juga menjemput paksa Dodi pada Selasa (27/1). Itu dilakukan, setelah Dodi mangkir dari dua kali panggilan Polisi. Meski berstatus tersangka, tidak dilakukan penahanan terhadap Dodi.
Polisi juga melakukan penggeledahan di rumah dan kantor Dodi. Dari dua tempat itu, polisi mengamankan berbagai barang bukti. Mulai dari berkas, hingga dua pucuk senjata api dengan ribuan amnusisi berbagai kaliber.

Editor : Budi Warsito

Reporter : prayugo utomo



Close Ads
Kasus Alih Fungsi Lahan, Polda Sumut: Ada Saksi Lagi akan Diperiksa