alexametrics

Dihentikan, Pencarian Korban Longsor Pudak Payung Dilanjut Besok

11 Februari 2019, 21:56:17 WIB

JawaPos.com – Proses pencarian korban tanah longsor di Kelurahan Pudak Payung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang dihentikan sementara. Upaya pencarian akan dilanjutkan besok pagi.

Bibit Unggul, selaku Komandan Tim Pencari dari Basarnas Semarang mengatakan, pencarian dihentikan menyusul situasi yang kurang kondusif. Gelapnya malam membuat penyisiran tidak optimal.

“Pencarian kami hentikan sementara karena sudah malam. Gelapnya malam membuat penyusuran sungai sulit dilakukan,” katanya saat dijumpai di lokasi, Senin (11/2).

Sebelum dihentikan, para tim pencari yang terdiri dari jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemadam Kebakaran, Kepolisian, TNI, PMI, dan relawan lain juga sudah berupaya mencari korban sampai tiga kilometer ke arah utara bantaran sungai. Sebelum akhirnya fokus ke titik nol atau kawasan terkena longsor dengan alat semprot.

“Tapi hasilnya nihil. Kondisi bangunan juga masih labil. Maka dari itu kami lanjutkan lagi pencarian untuk besok jam tujuh pagi,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, bencana tanah longsor terjadi di Jalan Bumirejo, Kelurahan Pudak Payung, Kecamatan Banyumanik Kota Semarang, Senin (11/2) siang. Bencana ini setidaknya membuat lantai sebuah bangunan Salon Tin ambrol.

Karena kejadian yang dipicu hujan deras itu pula, pemilik Salon Tin, Sri Murtini, 45, warga perumahan P4A RT 06 RW 07 Blok D, Pudakpayung, ikut jatuh ke sekitaran tebing di belakang salonnya. Ia diduga jatuh ke arah sungai yang pada saat itu sedang deras alirannya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Dihentikan, Pencarian Korban Longsor Pudak Payung Dilanjut Besok