alexametrics

Pulang ke Rumah tanpa Tembok Dapur dan Ruang Tamu

11 Januari 2022, 10:48:32 WIB

440 Bangunan Tenggelam dan 1.668 Orang Terdampak Banjir Jember

JawaPos.com – Sesampai di rumah, yang didapati Muhammad Hudi adalah rumah yang rusak parah. Tembok ruang tamu dan dapurnya jebol dan perabotan yang entah di mana sekarang.

Semua buntut banjir bandang yang menghantam kediamannya di kawasan Perum Bumi Mangli Permai, Kabupaten Jember, Minggu (9/1).

Seperti dilansir Jawa Pos Radar Jember kemarin (10/1), dia bahkan harus kehilangan ijazah, sertifikat tanah, dan BPKB.

Saat terjadi banjir bandang, hanya istri dan anaknya yang ada di rumah. Hudi bekerja di luar kota. Kebetulan, rumah Hudi berada di pinggir sendiri di blok itu. Derasnya air luapan dari Kali Semangir tak hanya merusak rumahnya, tapi juga membuat jalan paving merotoli. Paving-paving itu hilang terseret banjir. ’’Yang penting, istri dan anak selamat. Kalau sertifikat sama ijazah mungkin masih bisa diminta ulang,” ujar Hudi sambil menunjukkan tembok dapur rumahnya yang jebol kepada Jawa Pos Radar Jember kemarin.

Curah hujan tinggi yang berlangsung sekitar dua jam, Minggu (9/1), mengakibatkan Kali Semangir, Kelurahan Sempusari, Kecamatan Kaliwates, meluap. Luapan itu mengakibatkan dua tangkis jebol sehingga air tumpah dan membanjiri Perumahan Mangli Residence dan Perumahan Bumi Mangli Permai.

Derasnya air dari Kali Semangir membuat jalan di kawasan perumahan berubah seperti sungai. Air yang mengalir cukup deras itu juga membawa lumpur, sampah, potongan kayu, dan bambu. Dampaknya, ratusan rumah warga di Perumahan BMP terendam hingga 1 meter. Bahkan, ada yang mencapai 1,5 meter. Dalam video amatir yang beredar di media sosial, beberapa perabotan elektronik seperti lemari es dan mesin cuci hanyut terbawa banjir.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : jum/nen/del/rus/tau/syn/idr/c7/ttg

Saksikan video menarik berikut ini: