alexametrics

Tarif Bagasi Dikhawatirkan Turunkan Wisatawan

11 Januari 2019, 17:22:46 WIB

JawaPos.com – Dua maskapai menerapkan tarif bagasi untuk penerbangan domestik. Awalnya, kebijakan diterapkan Lion Air. Langkah serupa kemudian diikuti Citilink.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Sulawesi Selatan (Sulsel) Didi L Manaba menilai, penerapan tarif bagasi akan berpengaruh terhadap pariwisata. “Saya ingin katatakan kalau 2019 merupakan tahun pariwisata, ini pastinya akan mengalami kemunduran dengan diberlalukannya itu (tarif bagasi),” kata Didi kepada JawaPos.com di Makassar, Jumat (11/1).

Lion Air dan Citilink sudah dikenal dengan kemudahan dan banyaknya slot time untuk semua akses domestik. Wisatawan domestik hingga mancanegara sudah mengetahui bahwa kedua maskapai adalah alternatif untuk menjangkau berbagai daerah wisata di Indonesia.

“Kami mengalami kemunduran. Karena yang membuat pergerakan wisatawan lancar kususnya turis domestik sampai luar negeri itu mencari maskapai yang bisa menjangkau semua akses. Apalagi turis biasanya barangnya banyak. Nah, ini salah satu yang menjadi kekhawatiran,” tururnya.

Pemberlakuan tarif bagasi sangat bertolak belakang dengan keinginan pemerinah memaksimalkan sektor pariwisata. Terlebih di Sulsel yang dikenal dengan berbagai objek wisatanya.

“Kami mau menggerakkan wisatawan domestik karena mancanegara mungkin kurang. Tapi di sisi lain dengan adanya kebijakan itu berarti kami mundur lagi. Jadi ini pariwisata sangat-sangat terhambat jadinya. Saya yakin itu,” ungkap Didi.

Intinya, Asita tak sepaham bahkan menolak apabila kebijakan itu tetap dilanjutkan kedua maskapai. Saat ini, Asita berupaya berkoordinasi dengan pemerintah untuk mendorong agar maskapai mengubah penerapan tarif bagasi.

“Sampai sekarang kami lakukan itu. Tapi memang kami butuh adanya keseriusan dari pemerintah supaya bisa membicarakan ke maskapai. Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata saya pikir harus serius dan turun tangan untuk terus mengupayakan ini,” tukas Didi.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : Sahrul Ramadan

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Tarif Bagasi Dikhawatirkan Turunkan Wisatawan