alexametrics

Pemkab Malang ‘Curhat’ Masalah yang Dihadapi ke Pemprov Jatim

11 Januari 2019, 17:35:19 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menyampaikan beberapa masalah yang mereka hadapi kepada pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim). Masalah-masalah tersebut, disampaikan kepada Bakorwil Wilayah III Provinsi Jawa Timur, di Pendopo Agung, Jumat (11/1).

Wakil Bupati Malang Sanusi menjelaskan, ada beberapa masalah yang saat ini tengah dihadapi oleh Kabupaten Malang. Dari beberapa masalah, setidaknya ada tiga yang dia anggap menjadi prioritas.

Tiga masalah itu diantaranya, adalah kondisi jalan utama dari Malang menuju Blitar. Saat ini kondisinya banyak ruas jalan yang berlubang. Hal ini dikeluhkan oleh pengguna jalan.

“Masyarakat menganggap itu jalannya kabupaten. Namun jalan itu adalah domain dari pemerintah pusat. Ketika rusak, Kabupaten Malang tidak ada kewenangan untuk memperbaiki. Nah itu dianggap pembiaran,” kata Sanusi.

Tidak hanya itu, mereka juga menyampaikan soal tanggul air di Sumber Banteng, Sumbermanjing Wetan yang mengalami kerusakan. Akibatnya, tanggul jebol. Padahal, digunakan untuk mengairi 350 hektar lahan.

“Jebol karena banjir dan kami minta agar provinsi memfasilitasi hal ini,” kata dia.

Selanjutnya, persolan meningkatkan infrastruktur di kawasan Malang Timur yang meliputi kawasan Jabung, Pakis dan Poncokusumo. Pengembangan di kawasan ini dibutuhkan untuk menunjang kawasan ekonomi khusus (KEK).

Sementara itu, Kepala Bakorwil Wilayah III Provinsi Jawa Timur, Benny Sampirwanto menjelaskan, pihaknya akan menginventarisir masalah yang disampaikan oleh Pemkab Malang. Dia menegaskan, yang disampaikan ini bukan menjadi keinginan Pemkab, melakonkan kebutuhan yang paling mendesak bagi masyarakat.

“Makanya tadi saya minta masing-masing kepala dinas menyampaikan masalah yang dihadapinya. Bukan keinginan mereka ya, tapi kebutuhan masyarakat,” kata Benny.

Benny menambahkan, setelah pertemuan ini, pihaknya akan mengadakan monitor dan evaluasi. Hal itu bertujuan untuk mengetahui mana saja yang paling urgen, dari beberapa masalah yang dipaparkan.

“Jadi setelah kami lakukan monev, baru dilakukan langkah konkret,” kata dia.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Dian Ayu Antika Hapsari

Pemkab Malang 'Curhat' Masalah yang Dihadapi ke Pemprov Jatim