JawaPos Radar | Iklan Jitu

Kasus Dugaan Prostitusi Online

Merasa Tak Jajakan Vanessa, Endang Ajukan Penangguhan Penahanan

11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Kasus Vanessa Angel
Endang Suhartini (rambut pirang) dan Tantri, dua mucikari prostitusi online saat diwawancarai wartawan di Mapolda Jatim, Kamis (10/1). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Polisi telah menetapkan Endang Suhartini sebagai tersangka terkait kasus protitusi online. Namun, Endang merasa bukan sebagai mucikari yang menjajakan Vanessa Angel.

Untuk itu, melalui Kuasa Hukumnya Franky Desima Waruwu, Endang mengajukan penangguhan penahanan. Franky akan melayangkan surat penangguhannya, Senin (14/1) besok.

Franky mengatakan, penangguhan tersebut berdasarkan pasal 296 Jo pasal 506 KUHP tentang mempermudah percabulan. Dua pasal tersebut hanya mengenakan tersangkanya dengan hukuman penjara 1 tahun 4 bulan. 

Kasus Vanessa Angel
Kuasa Hukum Endang Suhartini, Franky Desima Waruwu (kiri) saat ditemui di Mapolda Jawa Timur, Jumat (11/1). (Aryo Mahendro/JawaPos.com)

"Jadi, ancaman hukumannya kan di bawah lima tahun. Bisa saja kami ajukan. Itu merupakan hak tersangka kalau melakukan penangguhan penahanan," kata Franky di Mapolda Jawa Timur, Jumat (11/1). 

Franky mengatakan, hanya pasal itu saja yang menjadi dasar pengajuan penangguhan penahanan. Soal apakah karena Endang telah berkeluarga, Franky enggan berkomentar soal itu. "Saya belum berkoordinasi dengan klien, soal itu. Karena, tertulis di KTP-nya, belum kawin," kata Franky. 

Menurut dia, kliennya merasa menjadi korban pada perkara tersebut. Sebab, dari hasil transaksi, Franky mengatakan jika kliennya sama sekali tidak menerima uang. 

Termasuk saat penangkapan yang dilakukan Polda Jawa Timur Minggu lalu (6/1). Franky mengatakan, saat itu, kliennya menemani Vanessa mendatangi seorang user yang diberitakan berinisial R di sebuah hotel di Surabaya. 

Tak lama, Vanessa dan si R masuk ke kamar hotel. Sementara, Endang hanya menunggu di lobby hotel. Kemudian, selang beberapa menit, ada seorang pria yang menelepon dan menyuruh kliennya masuk ke kamar di sebelah kamar Vanessa dan si R. 

"Lima menit kemudian, ada rekan-rekan kepolisian yang melakukan penangkapan di itu (kamar di mana Endang berada). (Yang menyuruh?) Dia kenal, tapi klien saya belum menyebutkan (identitasnya) kepada kami," tuturnya. 

Editor           : Sari Hardiyanto
Reporter      : Aryo Mahendro

Alur Cerita Berita

Vanessa Angel Resmi Ditahan 11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Vanessa Angel Kemungkinan Dijebloskan ke Penjara 11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Nilai Kemahalan dalam Dunia Prostitusi 11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Bisnis Sampingan Artis Sekuter 11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Dipulangkan, Vanessa Angel Minta Maaf 11 Januari 2019, 23:59:26 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini