JawaPos Radar | Iklan Jitu

Asita Riau: Pemberlakuan Uang Bagasi Buat Masyarakat Resah

11 Januari 2019, 19:47:41 WIB
Asita Riau: Pemberlakuan Uang Bagasi Buat Masyarakat Resah
Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Riau, Dede Firmansyah (Virda Elisya/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (Asita) Riau, Dede Firmansyah menyatakan, kebijakan bagasi berbayar yang akan diterapkan maskapai penerbangan dinilai akan meresahkan masyarakat.

Kebijakan itu kata Dede, tidak selaras dengan program pemerintah yang ingin meningkatkan wisatawan di Riau. "Ini berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah yang ingin meningkatkan wisatawan di daerah," ujar Dede, Jumat (11/1).

Selain itu, dengan kebijakan tersebut akan mematikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab, dengan dikenakannya tarif bagasi ini, akan mengurangi daya beli masyarakat terhadap usaha-usaha kecil yang ada di Pekanbaru. "Pemerintah harus turun tangan dan ambil andil atas diberlakukannya hal ini," tegasnya.

Dijelaskan Dede, jika membandingkan Lion Air dengan Air Asia dalam masalah ini, tentunya masih belum tepat. "Air Asia jual bagasi, tapi tiket mereka murah," katanya.

Dede menyebut, pemerintah mengarahkan silang wisatawan agar target kunjungan wisatawan tetap bisa naik. Misalnya dari Riau ke Jawa, dan dari Jawa didorong ke Riau. Jika kondisi seperti ini, kemungkinan besar hal itu tidak bisa terealisasi.

"Gimana caranya coba? Tiket mahal, bagasi bayar," kata dia.

Dede mencontohkan, dengan diberlakukannya penghapusan free bagasi Lion Air dan tingginya harga tiket, konsumen pasti bergejolak. Orang menahan diri untuk bepergian.

Dalam diskusi dengan pihak manajemen Garuda belum lama ini, Dede membeberkan, kalau dalam sekali keberangkatan jumlah penumpang yang diangkut maskapai itu kurang dari 10 orang.

"Kalau Lion Air saya belum tahu kabarnya seperti apa. Tapi di Garuda kondisinya seperti itu. Delapan orang penumpang pesawat dinaikkan juga, karena tiket mahal. Kalau seperti ini bagamana ceritanya tidak mempengaruhi kunjungan wisatawan," terangnya.

Namun, dia mendukung soal harga tiket murah. Sebab, harga tiket sangat menentukan pilihan wisatawan untuk melancong ke suatu tempat. Artinya, jika memang Lion Air memberlakukan kebijakan hapus free bagasi, harus disesuaikan dengan harga tiket yang juga terjangkau.

Editor           : Budi Warsito
Reporter      : Virda Elisya

Alur Cerita Berita

Tiket Pesawat Mahal, Jalur Laut Jadi Pilihan 11 Januari 2019, 19:47:41 WIB
Ini Cuma Dinamika Pasar 11 Januari 2019, 19:47:41 WIB
Tarif Bagasi Diyakini Berdampak Kepada UKM 11 Januari 2019, 19:47:41 WIB
Tarif Bagasi Dikhawatirkan Turunkan Wisatawan 11 Januari 2019, 19:47:41 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up