JawaPos Radar

Lanud Abdulrachman Saleh Akan Dapat Tambahan Pesawat

11/01/2018, 10:27 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
pesawat Militer
ALUTSISTA BARU: Kedatangan Hercules C130 dari Australia ke Lanud Abdulrachman Saleh beberapa waktu lalu. (Tika Hapsari/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Lanud Abdulrachman Saleh akan mendapatkan tambahan alat utama sistem pertahanan (alutsista) udara. Berupa pesawat Cassa dan Hercules. "Itu kebijakan dari atas. Tapi kan ada rencana," kata Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Julexi Tambayong saat ditemui di Skadron Teknik 022, Lanud Abdulrachman Saleh, Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (10/1).

Namun, Julexi belum mengetahui kapan waktu pesawat Cassa dan Hercules akan datang. Begitu pula dengan jumlahnya. Yang jelas, tambahan alutsista tersebut akan semakin memperkuat pertahanan udara. Unit lama yang sudah ada akan tetap dioperasikan.

Lanud Abdulrachman Saleh memang home base bagi tiga jenis pesawat militer. Yakni, Cassa yang ditempatkan di Skadron Udara 4. Kemudian pesawat tempur Super Tucano yang ditempatkan di Skadron Udara 21. Serta pesawat angkut militer Hercules C-130 di Skadron Udara 32.

Penempatan C-130 di Malang karena Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh sudah mempunyai sejumlah fasilitas. Termasuk hangar, teknisi dan peralatan komplet perawatan Hercules C-130 yang menjadi pangkalan induk.

Akhir 2017, Lanud Abdulrachman Saleh juga baru saja mendapatkan pesawat Hercules. Kedatangan pesawat angkut berat C-130 type H itu menambah jumlah pesawat Hercules yang dipunyai TNI Angkatan Udara (AU).

Keunggulan C-130 H antara lain terbukti dari kemampuan operasi. Mulai dari dukungan logistik, pasukan, bantuan kemanusian, operasi dan dapat terbang jarak jauh (long range).

(tik/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up