alexametrics
Cerita Petugas Rutan Loloskan Napi

Sempat Jadi Petugas Dapur Rutan, Cinta Buta Yuanita Berujung Pidana

10 Desember 2018, 15:17:01 WIB

JawaPos.com – Pegawai Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cipinang, Jakarta Timur bernama Yuanita menyimpan rasa kepada seorang tahanan bernama Muhammad Said. Sebelum menjadi pegawai bagian Tata Usaha (TU) Rutan, Yuanita sempat bertugas di dapur.

Di sana, Yuanita dan Said bertemu hingga menjalin asmara. Motif asmara itu yang membuatnya rela membantu Said kabur dari bilik jeruji besi.

Kedekatan antara keduanya diketahui petugas rutan lain sampai terdengar oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Oga G Darmawan. Bahkan, kedekatan keduanya sudah dianggap tidak wajar antara petugas rutan dan narapidana.

Atas dasar itu, ia mengeluarkan surat atau nota dinas kepada Yuanita untuk dipindahkan ke bagian TU. Dengan maksud, agar Yuanita menjaga jarak dengan Said. Sejak surat itu dikeluarkan, Yuanita tidak dibolehkan masuk ke gerbang pintu Rutan.

“Nah, saya tiga bulan yang lalu sudah keluarkan surat untuk perintahkan agar dia ditarik ke TU. Jadi statusnya itu jadi TU. Sebelumnya dia itu petugas dapur yang masak-masak untuk narapidana,” ujar Oga saat dikonfirmasi, Senin (10/12).

Oga pun menceritakan kronologi penangkapan Yuanita. Dikatakannya, mantan pegawainya itu diamankan di sebuah apartemen di Kelapa Gading. Awalnya Yuanita enggan turun dari kamar apartemennya. Sebelumnya, yang bersangkutan tidak mengetahui bila kedatangan Karutan untuk menangkapnya.

Kemudian, Oga mengajak Yuanita dan teman-teman dekatnya untuk pergi sarapan. Setelah turun, Yuanita langsung disergap dan membawanya ke kantor untuk diinterogasi.

“Saya bawa ke kantor saya interogasi karena dari data-data (rekaman CCTV). Begitu saya interogasi, kami bilang ada bukti CCTV. Akhirnya dia ngaku. Karena dia mengaku berarti kan ini pidana. Saya panggil Polsek Jatinegara dengan Polda Metro datang ke lokasi,” ujarnya.

Oga menyampaikan, kasus tersebut sedang ditangani oleh Unit 1 Ditkrimum Polda Metro Jaya. Dikatakannya, jajaran Unit 1 Ditkrimum mengutus sekitar 8 orang anggotanya ke TKP. “Kami meminta tolong kepada kepolisian untuk diinterograsi dengan data yang ada. Akhirnya oknum itu mengaku,” ujarnya.

Oga mengatakan, oknum pegawai yang meloloskan napi di Rutan Cipinang itu diketahui berstatus sedang proses cerai. Mantan suaminya bekerja sebagai penjaga kolam Ikan di daerah Rangkasbitung, Banten.

Dikatakannya, Yuanita sudah ditahan sejak Sabtu (8/12) malam. Dia sudah menjalani masa tahanan dua malam di tahanan Polda Metro Jaya.

“Sudah, tapi proses cerai. Suaminya pun sudah mencurigai bahwa dia ada hubungan dengan orang lain,” kata Oga.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (wiw/JPC)

Sempat Jadi Petugas Dapur Rutan, Cinta Buta Yuanita Berujung Pidana