alexametrics

12 Polres di Jawa Timur Borong Penghargaan WBK dan WBBM

10 Desember 2018, 21:58:27 WIB

JawaPos.com- Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) memberikan penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Jakarta, Senin (10/12). Polda Jawa Timur dan institusi  di bawahnya meraih penghargaan terbanyak.

Sebanyak 12 polres di Jawa Timur menerima penghargaan itu. Rinciannya, 11 polres menerima penghargaan kategori WBK, dan 1 polres pada kategori WBBM.

Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombespol Frans Barung Mangera mengatakan, ada beberapa unsur yang menjadi penilaian Kemenpan RB. Pertama, menyangkut pelayanan tanpa pungutan kepada masyarakat. Mulai dari jajaran kepolisian tingkat polsek hingga polres.

Kedua, juga tidak ada indikasi tindak korupsi dalam pelayanan masyarakat. Termasuk pelayanan perizinan, SIM, STNK, dan pelayanan kepolisian lainnya.

“Ini bukan penghargaan hanya pada hari ini. Tapi, butuh pendalaman berbulan – bulan,” kata Barung kepada JawaPos.com, Senin (10/12).

Untuk itu, Barung berharap penghargaan itu menjadi motivasi bagi seluruh polres lainnya. Dia menargetkan 26 polres lainnya juga mendapat penghargaan yang sama.

“Itu adalah prestasi yang bukan penilaian internal Polri. Tapi, eksternal Polri, yakni Kemenpan RB. Setelah itu, diputuskanlah polres-polres yang menerima penghargaan WBBM dan WBK,” tambah Barung

Berikut daftar polres-polres yang meraih penghargaan dari Kemenpan RB:

WBK:

– Polres Lamongan

– Polres Tuban

– Polres Bojonegoro

– Polres Mojokerto Kota

– Polres Mojokerto Kabupaten

– Polres Situbondo

– Polres Batu

– Polres Malang Kota

– Polres Malang Kabupaten

– Polres Banyuwangi

– Polres Trenggalek

WBBM:

– Polrestabes Surabaya

Editor : Dida Tenola

Reporter : (HDR/JPC)

12 Polres di Jawa Timur Borong Penghargaan WBK dan WBBM