JawaPos Radar

11 WNA Dideportasi Dari Papua, Mayoritas Asal Cina

10/12/2015, 06:02 WIB | Editor: afni
11 WNA Dideportasi Dari Papua, Mayoritas Asal Cina
Ilustrasi ()
Share this

Jawapos.com TIMIKA – Kantor imigrasi kelas II Tembagapura, telah mendeportasi atau memulangkan 11 Warga Negara Asing (WNA) ke negara asal mereka.

Deportasi yang dilakukan terkait dengan masalah administrasi keimigrasian, baik itu penyalahgunaan izin tinggal maupun perpanjangan izin kerja.

“Paling banyak oknum Warga Negara Cina,” kata Kepala Seksi Penindakan dan Pengawasan Keimigrasian, Muh Agus Sofani, SSos MH, Selasa (8/12).

Pada beberapa kasus kata Agus, WNA ini mengaku sedang berwisata. Namun ternyata mereka justru sedang melakukan kerja dan tidak melaporkan diri. Ada juga yang memang mengantongi izin kerja, namun saat izinnya sudah habis tidak diurus lagi.

''WNA yang dari Cina itu jualan barang elektronik di sini,'' kata Agus.

Sementara itu, khusus WNA yang tinggal di wilayah perairan Mimika, kata Agus, berkaitan dengan moratorium Menteri Kelautan dan Perikanan. Sehingga tidak ada lagi orang asing ilegal melakukan penangkapan ikan.

Meski demikian ia tidak menampik ada beberapa WNA yang telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Mimika tentang keberadaan mereka.

“Ada 47 kapal milik mereka warga Negara Cina di sana,” ujarnya, sembari menambahkan bahwa mereka sudah tidak bekerja, melainkan hanya menjaga aset saja.

Meski demikian, lanjutnya, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan terhadap aktifitas mereka.

“Yang terdata di Kantor Imigrasi ada 40 orang yang menjaga properti mereka, yakni 47 kapal tersebut,” ujarnya.(rex/afz/jpg)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up