alexametrics

Dalam Sebulan, 262 Tersangka Pencurian Diamankan Polda Jatim

10 November 2021, 20:41:58 WIB

JawaPos.com–Sebanyak 262 tersangka curas (pencurian dengan kekerasan), curat (pencurian dengan pemberatan), dan curanmor (pencurian kendaraan bermotor) diamankan Tim Opsnal Satreskrim jajaran Polda Jawa Timur. Yakni selama periode Oktober–November 2021.

Wakapolda Jatim Brigjen Slamet H.S. menjelaskan, sebanyak 27 tersangka terlibat kasus curat, 51 tersangka kasus curas, dan 84 tersangka terlibat kasus curanmor.  Salah satu tersangka curanmor mengaku dapat mencuri kendaraan bermotor hanya berbekal kunci model T.

Karena itu, Slamet mengingatkan warga untuk lebih berhati-hati menjaga barang-barangnya. ”Selama setahun ini, jumlah kasus yang menonjol  masih didominasi curat dibanding dengan pengungkapan kasus curas dan curanmor,” tutur Slamet di Mapolda Jatim Surabaya, Rabu (10/11).

Menurut dia, biasanya para tersangka curas menjambret tas milik korban yang sedang mengendarai motor dengan menodongkan senjata tajam. Tersangka pun tak segan segan melukai korban jika melakukan perlawanan.

”Selain itu, modus lain yang dilakukan para tersangka, mereka mengaku sebagai anggota intel atau petugas yang kemudian menodongkan senjata api kepada korban dan mengambil barang berharga milik korban,” beber Slamet.

Selain curas, tersangka pada kasus curat juga mempunyai modus sendiri dalam melakukan aksinya. Biasanya, tersangka curat merusak pintu atau jendela rumah atau gudang milik korban. Bagi para tersangka akan dijerat dengan pasal 363 KUHP dan pasal 365 KUHP. Pelaku curas dijerat  pasal 365 KUHP dengan ancaman pidana penjara selama 9 tahun, jika menyebabkan korban luka berat 12 tahun, dan pidana mati atau seumur  hidup jika menyebabkan korban meninggal dunia.

”Untuk curat dan curanmor tersangka akan dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman pidana penjara maksimal 9 tahun,” tegas Slamet.

Banyaknya tindak kriminalitas jalanan di wilayah hukum Polda Jatim, wakapolda berjanji melakukan upaya maksimal dengan mengerahkan semua sumber daya yang ada.

”Polda akan kerahkan Timsus 3C Subdit III Jatanras maupun tingkat polres melalui Tim Opsnal atau Tim Buser Satreskrim jajaran Polda Jatim untuk melakukan penegakkan hukum secara tegas dan  terukur kepada para pelaku kejahatan curas, curat, dan curanmor,” tutur Slamet.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Rafika Rachma Maulidini

Saksikan video menarik berikut ini: