alexametrics

Panitia Surabaya Membara Sudah Peringatkan Penonton di Viaduk

10 November 2018, 16:33:16 WIB

JawaPos.com – Surabaya Membara digelar di Jalan Tugu Pahlawan, Surabaya, Jumat (9/11) kemarin. Even dalam rangka memeriahkan Hari Pahlawan itu menelan korban jiwa. Sejumlah penonton terjatuh dari viaduk kereta api.

Ketua Panitia Surabaya Membara Taufik Hidayat menyampaikan, sebenarnya pihaknya sudah memperingatkan penonton. Warga yang berada di viaduk untuk untuk. Namun peringatan tersebut tak dihiraukan.

Panitia sendiri tidak punya sarana khusus untuk menutup celah masuk ke viaduk seperti gelaran tahun sebelumnya. Semua pengamanan dan rekayasa lalu lintas kendaraan, murni dari polisi.

“Kami sudah announce berkali-kali kepada penonton untuk turun karena acara akan segera dimulai,” kata Taufik usai memenuhi panggilan penyidik di Mapolrestabes Surabaya, Sabtu (10/11).

Larangan penonton berada di vaiduk bukan semata-mata sebagai jalur kereta api. Panitia juga khawatir jika penonton di viaduk ada yang iseng melempari penonton lain dan pemain drama dengan batu kerikil.

Tidak ada lampu yang menerangi rel kereta di viaduk tersebut. Selain itu, tidak ada agenda kereta api pada skenario pementasan Surabaya Membara.

“Kami tidak men-setting adegan apapun di jalur kereta. Selain itu, kami juga tidak menjadikan viaduk itu sebagai tempat atau space bagi penonton,” jelas pria yang akrab disapa Taufik Monyong itu.

Untuk itu, Taufik menyatakan siap membantu proses penyidikan kepolisian. Dia menganggap gelaran Surabaya Membara murni sebagai wujud penggambaran dari semangat kepahlawanan warga Surabaya.

“Saya hormati dan ikuti proses hukum yang realistis. Tapi kalau itu konsekuensinya atas penyelenggaraan (Surabaya Membara) ya monggo, silahkan,” tukas Taufik.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (HDR/JPC)

Panitia Surabaya Membara Sudah Peringatkan Penonton di Viaduk