JawaPos Radar

41 Sekolah di Kabupaten Inhu Terendam Banjir

10/11/2018, 00:29 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Bencana Banjir
BANJIR: Bencana banjir menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - 41 sekolah mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, dikepung banjir. Akibatnya, aktifitas belajar mengajar pun terganggu.

"Saat ini banjir yang paling parah ada di Kabupaten Inhu dan juga Kuansing. 41 sekolah yang terendam banjir itu ada di 9 kecamatan," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau Edward Sanger, Jumat (9/11) malam.

Menurut data yang diperoleh JawaPos.com, untuk di Kecamatan Sungai Lala ada 9 sekolah yang terendam. Diantaranya, SDN 008 Morong, SDN 005 Pasir Batu Mandi, SDN 010 Morong, SDN 011 Pasir Bongkal, SDN 001 kelas Jauh Pasir Kelampaian  (Kuala Lala), SMP Marginal Tanjung Danau, SMP Marginal Kuala Lala, TK Bina Mandiri Morong dan TK Islam Anisa Tanjung Danau.

Di Kecamatan Kelayang ada 4 sekolah, yaitu SDN 007 Pulau Sengkilo, SDN 019 Kelayang, SDN 020 Muara Danau, SMPN 5 Kelayang. Kemudian di Kecamatan Rakit Kulim ada 4 sekolah, diantaranya SDN 004 Kuantan Tenang, SDN 006 Petonggan, SDN 025 Kuantan Tenang dan SDN kelas Jauh Kampung  Bunga.

Selanjutnya di Kecamatan Pasir Penyu ada 4 sekolah. Banjir menggenangi SDN 015 Pasir Keranji, SDN 019 Kampung Jawa, SDN 009 Petalongan dan SMPN 4 Pasir Penyu. 

Di Kecamatan Peranap ada 9 sekolah, diantaranya SDN 012 Tanjung Baru, SDN 002 Peranap, SDN 007 Gumanti, SDN 018 Tanjung Batu Rijal Hulu, TK Setako Indah, TK Mulya Pajar, TK Permata Bunda, PAUD Setako Indah serta PAUD Pertama Bunda.

Di Kecamatan Lirik hanya ada satu sekolah yaitu PAUD Al Hidayah Pasir Sialang Jaya. Di Kecamatan Rengat Barat ada 2 sekolah yaitu, SDN 006 Redang dan MTs Tarikul Hidayah Danau Baru. 

Sementara di Kecamatan Rengat ada 5 sekolah yaitu, SDN 022 Pulau Gajah, SDN 020 Kampung Pulau Seberang, SDN 024 Pasir Kemilu, SMPN 5 Rengat, TK Kasih Bunda Pulau Gajah. Di Kecamatan Kuala Cenaku ada 2 sekolah, SDN 009 UPT II Rawa Sekip dan SDN 010 Blok B serta di Kecamatan Batang Peranap ada satu sekolah yaitu TK Pertiwi Batang Peranap.

Dikatakan Edward, pihaknya sudah mengirim bantuan berupa makanan dan peralatan lainnya seperti perahu hingga tenda pengungsian. "Kantong mayat juga dikirim, sebagai antisipasi saja. Korban jiwa alhamdulilah tidak ada," sebutnya.

Menurut Edward, ketinggian banjir di Indragiri Hulu bervariasi. Ada yang setinggi tumit, lutut orang dewasa hingga satu meter. Meski demikian, warga terdampak banjir masih bertahan di rumah. "Karena sifatnya tahunan, jadi masyarakat sudah terbiasa. Meski begitu, bantuan tetap dikirim untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari masyarakat," pungkasnya.

(ica/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up