JawaPos Radar

Pemprov Sulteng Bantah Hilangnya Aset Bappeda Palu

10/10/2018, 10:28 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Relawan Bencana
Tenda-tenda relawan kemanusiaan korban bencana di Palu, Donggala dan Sigi, Sulteng. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) angkat bicara terkait viralnya video pengusiran relawan kemanusiaan di halaman Kantor Bappeda Kota Palu. Tindakan itu disebut-sebut berawal karena persoalan kehilangan laptop. Perangkat elektronik tersebut merupakan aset milik Bappeda yang tersimpan di dalam salah satu ruangan.

Kabag Humas Pemprov Sulteng Adiman menampik bahwa tindakan yang dilakukan Kepala Bappeda kota Palu adalah sebuah pengusiran. "Kita ingin (relawan) disatukan di Kantor BPBD Palu. Karena di sana luas tempatnya," kata Adiman saat dihubungi JawaPos.com dari Makassar, Rabu (10/10).

Tindakan tersebut sebagai upaya untuk membangun jalur koordinasi satu arah. Khususnya terhadap relawan-relawan kemanusian BPBD yang melaksanakan tugas kemanusiaan untuk korban bencana.

"Ini juga untuk menyahuti instruksi Bapak Presiden Jokowi kepada bapak Gubernur Sulteng (Longki Djanggola). Sehingga bapak gubernur meminta kepada kepala Bappeda. Jadi kepala Bappeda meminta kepada relawan-relawan supaya bisa berkonsentrasi di kantor BPBD," jelas Adiman.

Apabila seluruh relawan terpusat di kantor BPBD, maka jalur komunikasi dan koordinasi akan lebih efektif. Khususnya dalam melaksanakan tugas kemanusiaan. "Bukan diusir tapi ingin disatukan. Supaya koordinasi seluruh relawan itu bisa lebih bagus lagi. Mana yang harus di ini, mereka lebih bisa berkoordinasi dan lebih efektif kalau semua relawan ada di BPBD," ucapnya.

Adiman juga menampik jika aksi pengusiran relawan dilatarbelakangi karena persoalan hilangnya laptop milik Bappeda Palu. "Itu nggak ada, nggak ada aset (yang hilang). Nggak ada," tambahnya.

Sebelumnya viral video tentang sejumlah relawan kemanusiaan BPBD dan relawan lainnya diusir dari halaman kantor Bappeda kota Palu. Dalam video berdurasi 7 menit 32 detik menunjukkan bahwa yang melakukan pengusiran adalah Kepala BPBD kota Palu.

Dengan berat hati, sejumlah relawan dalam video tersebut melakukan persiapan dengan membongkar tenda-tenda yang merupakan lokasi tempat relawan bernaung di halaman Kantor Bappeda Kota Palu.

(rul/JPC)

Alur Cerita Berita

Kelangkaan BBM Mulai Teratasi 10/10/2018, 10:28 WIB
Akses ke Palu Makin Mudah 10/10/2018, 10:28 WIB
Pasar Manonda Palu Kembali Bergeliat 10/10/2018, 10:28 WIB
Jokowi Kerahkan Psikolog ke Sulteng 10/10/2018, 10:28 WIB
Gempa Sulteng, 2.736 Sekolah Rusak 10/10/2018, 10:28 WIB
TNI Kirim Tiga Pesawat ke Palu 10/10/2018, 10:28 WIB
TNI Kirim 6 Ton Alkes ke Sulteng 10/10/2018, 10:28 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up